Gelar MTQ Ke – IX Tingkat Kecamatan Popayato Barat

0
424

Bupati : Kegiatan MTQ bukan sekedar prestasi

POPAYATO | matarakyatindo.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an Ke IX tingkat Kecamatan Popayato Barat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo yang digelar di Lapangan Hijau Desa Padengo, berlangsung meriah, Rabu (16/10/2019).

Pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Pohuwati H Syarif Mbuinga S.Pd.I SE MM, Kabag Kesra Kabupaten Pohuwato, kepala OPD, Camat Popayato Barat, Kapolsek Popayato Barat Ipda Arpaing Ami SH, Ketua LPTQ.

Kegiatan peserta lomba yang mengikuti acara kerohanian umat Islam sebanyak 161 peserta yang terdiri dari Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Fahmi Qur’an (MFQ), Musabaqah Syaril Qur’an (MSQ), Musabaqah Hafidz Qur’an (MHQ), Qosidah dan juga Azan.

Ketua panitia Pelaksana kegiatan Ibarahim Biki, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan MTQ tersebut berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 16-21 Oktober 2019, yang diikuti 161 Peserta.

“Cabang lomba pada MTQ kali ini terdiri dari MTQ, MFQ, MSQ, MHQ, Qosida, dan Adzan yang di ikuti 161 peserta” Tuturnya.

Sementara Bupati Pohuwato H Syarif Mbuinga S.Pd.I SE MM dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan MTQ bukan sekedar prestasi namun MTQ juga sebagai bentuk tanggung jawab Umat Islam untuk membumikan nilai-nilai Alqur’an kepada seluruh umat Islam.

“Tujuan MTQ adalah syiar untuk membumikan nilai-nilai Al-quran,” Ucapnya.

Bupati Dua periode itu mengapresiasi pelaksanaan MTQ di Kecamatan Popayato Barat (Popbar) mulai dari Dekorasi panggungnya sampai dengan tehnis pelaksanaannya.

“Saya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan MTQ pada malam ini yang telah diselenggarakan oleh panita, sehingga kegiatan saat ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” Ungkapnya.

H. Syarif mengatakan, refleksi acara kerohaniaan ini kiranya menjadi spion untuk kita semua agar bisa dijadikan contoh pelaksanaan kegiatan keagaman di Popayato Barat.

“Saya selalu sampaikan di Kecamatan-kecamatan lain kalau mau buat kegiatan kegamaan tidak perlu datang ke daerah yang jauh, datang saja di Popayato Barat,” Lanjutnya.

Jumlah peserta MTQ setiap tahun semakin banyak peminatnya. Ini artinya bahwa di Kecamatan Popayato Barat telah menjadi obor religius karena telah diikuti oleh ratusan peserta MTQ dari masing-masing cabang lomba tersebut.

“Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Popayato Barat itu dihadiri oleh 161 peserta, sedangkan acara ini juga dihadiri oleh ribuan pasang mata dari lingkup masyarakat Kecamatan Popayato serumpun,” Pungkasnya.

Penulis : Munafir S.Sos

Reporter : Ramlan Tangahu

Editor : Redaksi matarakyatindo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here