GEMPA Pertanyakan Kinerja Kepala Desa Sausu Auma, Begini Hasilnya

0
179

Parimo || matarakyatindo.com Puluhan warga Desa Sausu Auma Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong yang mengatasmakan Gerakan Masyarakat Peduli Auma (GEMPA) mendatangi Kantor Desa Sausu Auma guna mendapatkan informasi mengenai tindak lanju atas penyampaian Aspirasi GEMPA terhadap Kinerja Pejabat Kepala Desa Sausu Auma, Rabu (17/06/2020).

Kehadiran GEMPA tersebut nampak di sambut oleh Pemerintah Desa dan langsung menggelar kegiatan musyawarah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sausu Lahaba, SE., Kapolsek Sausu yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Sausu Auma BRIPKA I Kades Suastana., Kepala Desa Sausu Auma Ahmad Supriadi., Ketua BPD Sueb., Beberapa tokoh masyarakat dan seluruh pengurus Gerakan Masyarakat Peduli Auma (GEMPA) dengan jumlah seluruhnya yang hadir sekitar 60 orang.

Kordinator GEMPA, menegaskan beberapa point penting dalam tuntutannya

“Terkait dengan Kinerja BPD, apakah masih di anggap atau tidak, kalau masih mari sama-sama kita bicarakan, dan kalau tidak, bagaimana bagusnya” Ungkap Koordinator tersebut dalam forum musyawarah.

GEMPA Mengakui bahwa sebelumnya pada Kamis (11/06/2020) sempat melayangkan protes dan beberapa pertanyaan mengenai kinerja dari Pemerintah Desa Sausu Auma.

“Ini yang kami pertanyakan data, dan harus di jawab dengan data, jika tidak dijawab dengan data, maka masalah ini tidak akan pernah selesai, seperti Pengadaan mesin jahit yang sudah ada di kantor Desa untuk Kelompok Perempuan di Desa Sausu Auma belum tersalurkan, kemana itu mesin jahit, apakah masih ada atau tidak ada” Tambah Anggota GEMPA lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sausu Auma, Ahmad Supriadi mengakui bahwa mesin jahit masih ada.

“Mesin jahit itu ada dulu di Kantor Desa, dan saran dari Mantan Sekretaris Desa, mesin jahit ditaruh dirumah Saya saja selaku Kepala Desa untuk keamanannya, jadi saya taruh di rumah, dan barang berupa mesin jahit tersebut masih ada semuanya” Ungkap Ahmad Supriadi selaku Kepala Desa Sausu Auma di dalam Forum musyawarah tersebut.

Camat Sausu Lahaba, SE dalam musyawarah tersebut ikut memberikan penegasan terkait point yang menjadi tuntutan masyarakat.

“Saya selaku Camat, menegaskan bahwa terkait dengan kinerja Kepala Desa, agar kiranya Pemdes dsn BPD segera melakukan rapat bersama dan proaktif dalam merespon perkembangan situasi” Tegas Camat Sausu Lahaba, SE.

Lahaba, SE menambahkan, bahwa terkait pengakuan Kepala Desa bahwa mesin jahit tersebut ada, dan tidak perlu di permasalahkan.

“Mesin jahit tersebut fisiknya ada dan tidak perlu dipermasalahkan karena barang tersebut diadakan olehnya pada saat menjabat sebagai Pj. Kades Sausu Auma pada tahun 2018 silam, dan diharapkan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan aksi provokasi dari pihak-pihak tertentu” Tambahnya.

Mengakhiri musyawarah tersebut, Kapolsek Sausu yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Desa Sausu Auma BRIPKA I Kadek Suastana mengharapkan agar masyarakat khususnya kelompok GEMPA tetap menjaga situasi dan melakukan penyampaian aspirasi sesuai dengan peraturan yang berlaku di tengah Pandemik Covid-19.

“Setiap aspirasi agar diselesaikan secara musyawarah dan tidak melakukan aksi provokasi dan tetap saling menghargai khususnya kepada pemerintah setempat” Harapnya

Atas seluruh tanggapan yang telah disampaikan oleh Kepala Desa, dari pihak yang menyuarakan aspirasi belum menerima sehingga akang diagendakan kembali pertemuan serupa dan memperlihatkan semua data anggaran yaitu musyawarah dengan melibatkan unsur Muspika Kecamatan Sausu serta tokoh masyarakat Desa Sausu Auma.

Kegiatan musyawarah tersebut berakhir sekitar pukul 17.00 WITA. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here