H-7 Lebaran, Pengendara dilarang Mudik, Berikut Imbauan Kasat Lantas Donggala

0
36

DONGGALA | matarakyatindo.com – Berdasarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik, yang dimulakan pada tanggal 6-17 Mei 2021 selama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, olehnya Satuan Lalu Lintas Polres Donggala akan menggelar Ops Ketupat Tinombala.

“Kan sudah jelas surat edaranya dari pemerintah, jadi untuk Tahun ini dilarang mudik. Olehnya itu menjelang Lebaran kami dari pihak Kepolisian akan menggelar Ops Ketupat,” ujar Kasat Lantas Polres Donggala , IPTU Atmaji Sugeng Wibowo S.T.K, S.I.K kepada wartawan.

Dijelaskanya, pada Giat dengan sandi Ops Ketupat nanti akan diberlakukan Pos Sekat disetiap titik mudik. Dimana di Pos tersebut akan dilakukan pemeriksaan tiap kendaraan yang berdomisili diluar wilayah, apalagi wilayah Donggala berbatasan dengan Sulawesi Barat (Sulbar).

“Apabila kita temukan kedua warga diperbatasan yang ingin melakukan mudik, maka akan ditindak atau disuruh putar balik kendaraanya, termasuk disekat hingga jalur-jalur tikus,” tegas IPTU Atmaji, Selasa (4/5/2021) diruang kerjanya.

Namun hingga saat ini belum ada ganjaran atau sanksi bagi pengendara jika kedapatan mudik, tetapi jika ditemukan, diperintahkan alias dihimbau untuk memutar balik kendaraanya, sembari menunggu petunjuk arahan pimpinan.

“Untuk saat ini belum ada sanksinya, tetapi kami menunggu instruksi petunjuk dari pimpinan (Kapolres), untuk tindakannya kami perintahkan agar memutar balik kendaraanya, itu saja,” bebernya lagi.

Kasat Lantas menghimbau para pengendara/pemudik yang merayakan Hari Lebaran Idul Fitri silahkan dilaksanakan dirumah masing-masing, jangan mudik seperti anjuran pemerintah, sayangi keluarga dikampung, tetap patuhi protokol kesehatan dan terapkan 5 M.IBM. (**)

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here