Hadirnya Kampung Bahari Nusantara di Desa Sausu Tambu Menjadi Ikon Pariwisata Pesisir Terindah

0
291

Liputan khusus : Sumardin (Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Kehadiran kampung bahari nusantara di Sulawesi Tengah yang berlokasi di desa Sausu Tambu Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong bakal menjadi ikon pariwisata pesisir terindah setelah diresmikan oleh Wakil Bupati H. Badrun Nggai SE.

Kepala desa Sausu Tambu Astil S. Haleko kepada media ini mengatakan, dipilihnya desa Sausu Tambu menjadi kampung bahari nusantara karena filosofi pesisirnya sangat terjaga dan masih perawan.

“Dipilihnya desa kami menjadi Kampung Bahari Nusantara tidak terlepas kerja sama seluruh masyarakat dalam menjaga kelestarian pesisir selama dua tahun terakhir” kata Astil.

Itupun baru terlihat dengan pandangan mata sangat indah kata Kades, belum lagi suasana terumbu karang pada kedalaman 10 meter saja jika dilihat melalui alat penyelam sangat indah dan sangat perawan.

“Kedepannya untuk kawasan kampung bahari nusantara desa Sausu Tambu akan menjadi ikon pariwisata yang diminati turis mancanegara dan masyarakat pencinta wisata pesisir, sehingga ekonomi masyarakat menjadi lebih baik” jelasnya.

Kolonel Marinir Martin Luther Ginting Danlanal Palu dalam laporannya menyatakan, keberadaan kampung bahari nusantara di desa Sausu Tambu tidak terlepas sinergitas antara pemerintah daerah Parigi Moutong dengan pihaknya.

“Mengingat ini adalah program dari pusat yang bersinergi dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan, maka desa Sausu Tambu disulap menjadi kawasan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) dan mengembangkan destinasi wisata yang menyasar wilayah pesisir” urainya.

Selanjutnya, untuk program ini akan menyasar lima klaster yang diprioritaskan dalam penyelenggaraan Kampung Bahari Nusantara di antaranya klaster edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan yang diharapkan bisa bermanfaat untuk rakyat pesisir di wilayah binaan.

“Kampung Bahari Nusantara di desa Sausu Tambu diharapkan dapat membentuk keadaan geografi dan demografi untuk mencapai kondisi warga pesisir laut makmur dengan pertahanan semesta” ujar Danlanal Palu. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here