Harapkan Penanggulangan Warga Miskin, Musyawarah APBDes Ogotion Dilakukan Terbuka

0
225

PARIMO | matarakyatindo.com – Anggaran pendapatan dan belanja desa adalah pertanggungjawaban dari pemegang manajemen desa untuk memberikan informasi tentang segala aktifitas dan kegiatan desa kepada masyarakat, baik atas pengelolaan dana desa dan pelaksanaan berupa rencana-rencana program yang dibiayai dengan uang desa. Dalam APBDesa berisi pendapatan, belanja dan pembiayaan desa.

Inilah yang menjadi tanggung jawab pemerintah desa Ogotion yang telah berharap agar penanggulangan warga miskin harus sesuai perencanaan sebagaimana yang dimusyawarahkan melalui rapat khusus pengelolaan APBDes tahun 2020.

Nampak hadir dalam musyawarah rembuk desa tersebut adalah Camat Mepanga Sodik Hamzah SPdI MPd bersama jajarannya dalam upaya menelisik program desa yang berkesinambungan melalui rancangan APBDes Ogotion.

Dihadapan masyarakat desa Ogotion, Camat Mepanga Kabupaten Parimo sangat memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Ogotion bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang telah melakukan kerja sama yang baik.

“Selaku pimpinan wilayah, saya berharap agar peran serta masyarakat dalam melakukan pengawalan dalam rancangan APB Desa sehingga dalam pelaksanaan kegiatan dana desa tahun 2020 menjadi program yang menyentuh warganya” terang Camat Sodik Hamzah.

Camat menilai bahwa sistim keterbukaan anggaran kepada masyarakat sangat diutamakan. Ini artinya agar masyarakat bisa mengetahui mulai dari perencanaan dan pelaksanaan jalannya pembangunan pengawasan, urainya.

Program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan paling utama dalam program dana desa tahun 2020. Apa lagi saat ini program stunting di bidang kesehatan menjadi perhatian khusus Bupati Parigi Moutong.

Sementara, Kades Ogotion Budi mengatakan, kegiatan Musdes APBDes ini dilaksanakan dalam bentuk tranportasi kepada masyarakat dari mulai perencanaan hingga pelaksanaannya.

“Hal ini dimaksudkan agar masyarakat harus terlibat langsung dalam perencaan dan pelaksanaan pembangunan yang dilakukan melalui program dana desa tahun 2020 saat ini” tutup Kades.

Reporter : Sumardin | Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here