Hasil Rakor HPS, IPB Sarankan Parigi Moutong Tampilkan Inovasi Baru

0
204

PARIMO – matarakyatindo.com – Tim Institut Pertanian Bogor (IPB) Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan Hari Pangan Sedunia (HPS), yang dipimpin langsung Bupati Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu di rumah jabatan, Senin (30/9/2019).

Ketua Tim IPB, Dr. Moedjio dalam pemaparannya mengatakan pelaksanaan HPS di Kabupaten Parigi Moutong harus bisa menampilkan inovasi yang baru, agar berbeda dengan penyelenggaraan HPS sebelumnya.

Dicontohkannya, seperti dalam kegiatan panen raya, Parigi Moutong bisa menampilkan inovasi baru di panen raya pertanian yang belum pernah ditampilkan pada kegiatan HPS terdahulu.

Selain itu, Moedjio juga menyarankan agar disepanjang jalur dua wilayah perkantoran untuk ditanami tanaman perkebunan.

“Sepanjang jalur dua perkantoran tanahnya masih banyak yang kosong, akan lebih baik bila ditanami buah-buahan dan sayuran seperti Durian dan jagung” sarannya.

Lanjut Moedjio, adapun dampak dari kegiatan HPS tersebut yakni dimana out cam nya dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi produk-produk pertanian, mengembalikan dan membangkitkan motivasi masyarakat Parigi Moutong dalam melakukan kegiatan ekonomi pasca gempa.

Bahkan kegiatan ini menurutnya, dapat membangkitkan motivasi anak muda khususnya di Parigi Moutong untuk kembali ke Pertanian. Sebab, dapat memberikan nilai ekonomi yang cukup tinggi apabila dikelola dengan baik.

Terkait tempat pelaksanaan puncak HPS saat ini masih dalam tahap usulan. Dari hasil peninjauan lokasi yang di lakukan Tim IPB (Sabtu,28/09/19-kemarin red) diusulkan 2 tempat, yakni Eks Lokasi Sail Tomini dan seputaran Kantor Bupati Parigi Moutong.

Turut hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut, Wakil Bupati, Sekab Parigi Moutong, Para Asisten, Staff Ahli, dan Kepala OPD.

Laporan : Moh. Taufan (HUMAS Pemkab)

Editor : Sumardin || P’De

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here