HPN Ke IX, SMSI-PWI Jenguk Gencar Djarot di Lapas Olaya Sebatas Gunakan Via Zoom

0
161

Foto : SMSI Parimo

PARIMO || matarakyatindo.com – Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, jajaran pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Parigi Moutong, Rabu (10/2/2021) membesuk teman sejawat tersandung pidana di Lapas Olaya – Parigi.

Ketua SMSI Parimo Moh. Bashar Badja mengatakan, jajarannya bersama pengurus PWI Parimo dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) terus melakukan silaturahim kepada teman jurnalis yang ada di wilayah Sulawesi Tengah, tidak terkecuali terhadap kawan yang tersandung pidana di balik jeruji.

“Sebagai rasa ‘empati’ terhadap kawan sejawat, jajaran pengurus SMSI dan PWI Parimo telah membesuk teman pers Gencar Djarot di Lapas Olaya sesuai perintah Ketua PWI Sulteng” kata Bashar.

Menurut mantan politisi Partai Bulan Bintang ini, bahwa agenda tersebut adalah sebagai wujud moral kepada rekanan Pewarta yang mengalami musibah.

“Ini masih dalam suasana HPN. Kedatangan kami tidak lain untuk memberikan dukungan moral kepada Gencar Djarot sebagai wujud solidaritas insan Pers,” ungkapnya.

Bashar menambahkan, meskipun dalam kunjungan itu, pertemuan dengan Gencar Djarot hanya berlangsung secara via zoom, namun setidaknya sudah membuat rekan sejawat yang tersandung pidana itu bisa tersenyum, ujarnya.

Demikian halnya pernyataan Ketua PWI Parigi Moutong, Moh. Faozan. Menurutnya, sebagai teman senasib dan seperjuangan dalam wadah perhimpunan wartawan, tidak mungkin akan melupakan teman sejawat yang berada dibalik jeruji.

Ini harus menjadi inspirasi untuk memberi dukungan moral kepada sahabat yang ada dalam Lapas Olaya. Karena hal itu merupakan cobaan bagi setiap manusia yang tidak luput dari ‘hilaf’.

Sayangnya, kata Ozhan panggilan akrabnya ini, pertemuan langsung tidak dibolehkan, karena aturan diberlakukan di Lapas Olaya selama pandemi Covid-19 tidak diperbolehkan, dan hanya menggunakan via zoom.

Ketika Gencar Djarot mendengar kedatangan kawan sejawadnya di Lapas Olaya, sambutan hangat dari Gencar Djarot nampak terlihat melalui media via zoom yang ada di Lapas Olaya.

Nampak terlihat mimik terharu dari balik layar kaca Handphone, Gencar Djarot menyampaikan untaian kalimatnya dan merasa tersanjung atas kehadiran teman sejawatnya.

“Memang kami tidak dapat bertemu langsung. Namun dengan kehadiran kami ini, terpancar rasa senang di wajah Djarot,” bebernya.

Dari balik wajahnya kata Ozan terpancar sikap humoris dari kebiasaannya itu hampir tidak hilang pada setiap perbincangan dengannya. Tertawa dan bercanda selalu terlontarkan dalam setiap percakapan antara kedua pihak.
Bukan hanya itu, Gencar Djarot juga memberikan pesan kepada insan Pers, agar berhati-hati dalam menjalankan tugas kewartawanan, agar tidak menjadi sepertinya.

“Saya hanya mengingatkan kepada teman-teman semua untuk berhati-hati dalam bertugas,” tutupnya. (**)

Sumber : SMSI / Editor : Sumardin (Pde)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here