Ini Kegiatan Babinsa Di Gorontalo Saat Menyambut Malam Pasang Lampu !!!

0
349

Gorontalo – matarakyatindo.com Sebagai wujud serta kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Ramil 1304-04/Tapa Kopda Imam Taufik turut membantu masyarakat Desa Ayula Timur Kec. Bulango Selatan Kab. Bonebolango menyiapkan lampu hias tradisi Tombilotohe sebagai perayaan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H/ 2019.

Tumbilotohe merupakan salah satu tradisi unik yang ada di provinsi gorontalo yang berasal dari kata tumbilo yang berarti Memasang dan Tohe yang berarti Lampu.

Perayaan yang sudah menjadi tradisi sejak abad ke-15 ini diselenggarakan pada tiga malam terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Sejarah Budaya Provinsi Gorontalo, perayaan Tumbilotohe dimaksudkan sebagai penerang jalan agar supaya masyarakat setempat yang ingin membayar zakat fitrah mudah berjalan kemasjid saat malam hari. Menyalakan lampu pada perayaan Tumbilotohe juga merupakan simbol bahwa setiap manusia menyambut idul Fitri dengan jiwa dan hati yang bersih, serta terang benderang.

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada warga serta Babinsa yang telah bersedia dengan ikhlas membantu pemasangan lampu di desa Ayula Timur dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Raya Idul Fitri”. Ungkap Usman Rahman selaku Kepala Desa yang juga turut hadir.

Usman juga mengapresiasi kepedulian Babinsa yang selalu aktif bergotong-royong bersama masyarakat dengan menyumbangkan ide-ide maupun gagasan demi kemajuan desa.

“Saya juga mengapresiasi kepedulian Babinsa Kopda Imam Taufik terhadap kemajuan desa Ayula Timur. Dalam berbagai kegiatan di desa, Babinsa selalu hadir serta terjun langsung bersama warga bergotong-royong dan aktif menyumbangkan ide-ide maupun gagasan-gagasan demi kemajuan desa ini”. Tutupnya.

Penulis : Red-1304-Taufik

Editor : Hamdi

Penerbit : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here