Ini Upaya Yang Akan Dilakukan Untuk Padamkan Kebakaran di Bonbol Gorontalo

0
129

Bonbol, Matarakyatindo.com Upaya pemadaman api yang menghanguskan lahan perkebunan masyarakat di Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) terus berlangsung. Senin, (16/9/19).

Api yang diperkirakan sudah menghanguskan kurang lebih lima hektar lahan masyarakat tersebut diduga berasal dari Desa Tupa yang berdekatan dengan Desa Longalo.

“Tidak bisa ditentukan titik api, yang ada adalah spot-spot kecil yang mungkin akibat sebaran dari daun-daun kering yang mungkin bisa menjadikan api lebih besar. Titik api mungkin cuma satu”, ucap Kabid Damkar Kabupaten Bonbol, Roinal Akbar Otoluwa.

Roinal juga menjelaskan bahwa secara personil mereka sudah lengkap, dan memiliki personil yang terlatih, serta dibantu oleh pemadam dari Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Yang ada dilapangan unit kita tidak banyak, hanya satu punya kita yang ada di bone bolango. Tapi kemudian karena kita hanya punya satu itu, kita juga sering dibantu oleh pemadam dari kabupaten/kota lain yang ada di Provinsi Gorontalo, utamanya yang paling dekat Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo. Kendala-kendala tidak ada, hanya berupa teknis-teknis saja yang kecil-kecil”, pintanya.

Lanjutnya, mereka juga sudah melakukan rapat bersama Aparat Desa, Kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk memotong jalur api.

“Besok (16/9) dikerahkan kepala-kepala dusun oleh kepala desa dan beberapa aparat terkait untuk bisa mengerahkan masyarakat memotong jalur api. Jadi, memotong jalur api ini dengan api, seperti yang dilakukan tadi agar tidak merambat dan menyebrang kesebelah, itu lebih bahaya lagi. Jadi insyaAllah lebih aman besok”, imbuhnya.

“Warga masyarakat besok akan turun membersihkan jalur yang kita lewati tadi supaya tidak kena sebaran daun-daun kering yang telah terbakar atau ranting-ranting kecil. InsyaAllah dia aman”, tutupnya.

Reporter : Hamdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here