Inspektorat Daerah Berikan Pemahaman Pengelolaan DD Untuk 14 Desa di Kecamatan Tomini 

0
88

PARIMO | matarakyatindo.com – Wakil Bupati Parigi Motong Badrun Nggai, SE menghadiri acara Pertemuan tim audit alokasi dana desa (ADD) dengan 14 desa se-kecamatan Tomini, Rabu (17/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh inspektorat daerah.

Menurutnya, dengan diadakannya kegiatan tersebut tak lain untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan dana desa agar dapat dikelola dengan baik dan benar. Apalagi saat ini banyak laporan tentang penyelewengan dana desa.

Wabup mengajak para Kades dan aparat desa lainnya agar fokus dalam memajukan desanya bukan untuk mencari keuntungan pribadi.

Wabup menambahkan bahwa dalam pengawasan dana desa di perlukan mekanisme pengawasan yang melibatkan semua pihak termasuk pengawasan masyarakat.

Diakhir sambutannya wakil Bupati berharap kepada seluruh kades agar terus proaktif dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat, mengingat saat ini kabupaten Parigi Moutong masih sangat rendah dalam penyelenggaraan vaksinasi covid-19.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak untuk dapat bekerja sama dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi” pinta Wakil Bupati.

Sementara, Inspektur inspektorat Adrudin nur, S.Pd, M.Si menegaskan dalam pelaksanaan dan pengelolaan dana desa terdapat berbagai permasalahan dan penyimpangan.

“Desa harus lebih berhati hati dalam pengelolaannya, apalagi saat ini yang menjadi fokus aparat hukum adalah untuk pemeriksaan dana desa” ujar mantan Kadisdik ini.

Menurut Asrudin, keberadaan tim audit di kecamatan Tomini tak lain untuk melakukan pembinaan bagaimana pengelolaan keuangan desa yang baik, mulai dari laporan pertanggung jawaban sampai dengan efisiensi dan efektifitas pengelolaan keuangan desa agar tidak bermasalah.

Dia berharap dengan keberadaan tim audit di kecamatan Tomini benar – benar di manfaatkan oleh seluruh kades dalam pengelolaan dana desa.

PROKOPIM PEMDA / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here