Inspektorat, Dana Desa (DD) Bambalemo Kec. Parigi Raib Hingga Ratusan Juta 

0
182
Foto Ilustrasi BANGSAONLINE.com

PARIMO – matarakyatindo.com Inspektorat Daerah Kab, Parigi Moutong, (PARIMO) Sulawesi Tengah, beberapa kali melakukan audit adanya dugqqn penyelewengan dana desa (DD) Desa Bambalemi Kec. Parigi.

Hasil audit inspektorat menemukan lebih dari 400 juta rupiah ABPDesa Bambalemo, tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh pemerintah desa. Nilai temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan reguler yang dilakukan pihak Inspektorat setempat.

“diketahui dana desa yang tidak dapat di pertanggungjawabkan pemerintah Desa Bambalemo yakni anggaran tahun 2021,” ungkap Inspektur Inspektorat Kab. Parigi Moutong, Adrudinnur kepada wartawan, Senin, 5 September 2022.

Adanya temuan tersebut, pihak inspektorat akan menaikan status pemeriksaan reguler menjadi investigasi. tindakan investigasi juga dilakukan berdasarkan surat dari kepolisian yang meminta inspektorat untuk melakukan audit investigasi. Ujar Adrudin.

“kata dia Saat ini, polisi sudah meminta tindakan audit investigasi terhadap pengelolaan APBDesa Bambalemo tahun anggara 2021, Untuk tahap investigasi nanti, menurut Adrudin, tim akan melakukan pendalaman berdasarkan hasil pemeriksaan reguler temuan sementara yang nilainya hampir setengah miliar rupiah.

“Untuk Tahap insvestigasi merupakan bagian dari alur pembuktian terkait temuan pada pemeriksaan reguler yang sudah kami lakukan,”tuturnya.

Lanjut dia. Meski sudah menyebut nilai, namu dia tidak menyebutkan dan merinci item apa saja yang menjadi dasar temuan tersebut. hanya saja dalam temuan itu ada pekerjaan fisik di dalamnya. Sebutnya.

Adrudin menambahkan, bila nanti terbukti adanya kerugian uang Negara, pihak Inspektorat akan melakukan pembinaan pengembalian kerugian dengan durasi waktu 60 hari. Tapi kalau tidak bisa dikembalikan, Adrudin bilang, harus berlanjut ke proses hukum.

“Semua nanti akan ketahuan setelah dilakukan investigasi yang hasilnya akan dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Dan masa investigasi ini bejalan selama 60 hari, terhitung sejak surat tugas saya tandatangani. Tandasnya.

Terkait Pemeriksaan khusus terhadap pengelolaan keuangan Desa Bambalemo, selain berdasarkan permintaan evaluasi dari pihak kecamatan, juga atas desakan dari masyarakat setempat. Yang menduga ketidak tranparansinya pamerintah desa.

Dalam pengelolaan dana desa, Serta berbuntuk pada kekecewaan dan penyegelan kantor desa beberapa waktu lalu. Dengan Hastag, “Segel Kantor Desa, Tuntut LPPD Mantan Kades.

 

DENI/DADANK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here