Isu Pilkada Serentak 2020 Ditunda, Ini Tanggapan KPU Touna..!!

0
72

Touna || matarakyatindo.com Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan segera dilakukan pada Desember mendatang.

Berbeda dari sebelumnya, Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di tengah pandemi virus corona yang masih berlangsung sampai saat ini.

Dengan jumlah kasus yang masih terus dilaporkan bertambah, apakah Pilkada dapat terus berjalan atau memungkinkan untuk ditunda pelaksanaannya?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una-una menjelaskan hingga kini proses Pilkada masih terus berjalan.

“Belum ada (bahasan penundaan Pilkada, Red) Tahapan masih berjalan,” kata Dirwansyah Putra saat ditemui awak media matarakyatindo.com, Senin (21/9/2020) di Kantor KPU Touna.

Dirwansyah Putra menjelaskan KPU belum bisa menanggapi dan belum memberi komentar tentang isu yang beredar diluar tentang penundaan Pilkada serentak.

“Domain dari pembuat Undang-undang atau pembuat peraturan, untuk pembuat undang-undang berada di pemerintah dan DPR, kemudian peraturan adalah domain Komisi Pemilihan Umum” Jelasnya.

Menurutnya bahwa Sampai saat ini pihak KPU belum bisa memberikan tanggapan karena KPU belum diperintahkan, berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk menunda tahapan jadi KPU Bekerja sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang Tahapan Program dan jadwal.

“KPU Touna Bekerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang resmi dilakukan oleh pembuat Undang-undang, maka KPU Touna patuh terhadap perundang- undangan, apalagi KPU RI belum menginstruksikan KPU Kabupaten Tojo Una-Una untuk melakukan langkah-langkah penundaan khususnya tahapan pilkada” Imbuhnya

Dirinya kembali mengharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai PKPU nomor 10 tahun 2020 perubahan PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati Tojo Una-una serentak Dalam kondisi bencana non alam Corona Virus Disease (Covid-19).

Reporter : Arfendy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here