Jaga Keindahannya, Pelestarian Hutan kota Parigi Perlu Ditingkatkan

0
416

PARIMO | matarakyatindo.com – Keberadaan hutan Kota saat ini bukan hanya sekadar penghias taman, namun keberadaannya tak lain untuk kenyamanan dan keserasian pohon pelindung, selain untuk kebersihan hutan kota Parigi.

Untuk menjaga kelestarian hutan kota, pihak Dinas lingkungan hidup (DLH) bakal menerapkan sistem keamanan terpadu dan tim kebersihan lingkungan hutan kota.

“Diharapkan dengan sistem ini akan di terapkan hutan kota yang sejuk dan akan selalu terjaga demi keberlangsungan ekosistim kelestarian lingkungan sekitar” kata Kadia Lingkungan Hidup Ir Irfan Maraila kepada matarakyatindo dihutan Kota, Kamis (17/10/2019) siang ini.

Menurutnya, sebagai realisasi menghidupkan hutan kota, pihaknya akan melakukan sistem keamanan terpadu dan kebersihan lingkungan demi menjaga hutan kota Parigi aman dari ‘tangan jahil’ dari kerusakannya demi kelestarian lingkungan hutan kota, terangnya.

Irfan menambahkan, dengan adanya sistem persuasif dan himbauan kepada masyarakat yang berkunjung di hutan kota, siharapkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tumbuh-tumbuhan yang hidup dan tetap terjaga kelestariannya, sehingga rasa kenyamanan dan rasa memiliki hutan kota adalah bagian dari milik bersama.

Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan pagar keliling kompleks hutan kota, dan membuatkan pos pengamanannya demi menjaga kenyamanan para pengunjung yang datang. Pasalnya, beberapa waktu lalu telah ditemukan beberapa pengunjung yang ingin merusak serta melakukan hal negatif, seperti membawa minuman beralkohol, akuinya.

Bahkan untuk menjaga keamanan lingkungan hutan kota, untuk setiap kunjungan, diwajibkan melewati satu pintu. Ini artinya agar sistim pantau para pengunjung yang datang bisa terdeteksi.

Setiap pengunjung yang datang tetap dilakukan razia atas bawaan memasuki kawasan hutan kota demi keamanan serta kebersihan, namun pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan Pemda berdasarkan terapan Perda, jelasnya.

Reporter : Deni

Editor : PDe || Sumardin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here