Jelang Penilaian Adipura, Hewan Ternak Berkeliaran Ditertibkan Sat-Pol PP

0
456

PARIMO | matarakyatindo.com – Hewan yang berkeliaran dalam Kota Parigi saat ini menjadi sasaran Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Parigi Moutong untuk dilakukan penertiban dalam rangka menjelang penilaian Adipura.

Sat-pol PP dalam melakukan sidak hewan ternak yang berkeliaran di berbagai titik yang di anggap rawan, sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di tempat umum agar tidak ada lagi hewan yang berkeliaran dalam kota Parigi.

Kasat Pol PP Masdin S.sos M.si, saat di temui di ruang kerjanya mengatakan, Kesatuan Polisi Pamong Praja saat ini sesuai protap peraturan Bupati tahun 2006 tentang penertiban hewan akan terus melakukan penertiban hewan ternak yang berkeliaran bebas di seputaran kota Parigi.

Tujuannya selain untuk keamanan dan kenyamanan dalam Kota, juga untuk kesiapan penilaian kota Adipura tahun 2020 mendatang, agar hewan ternak berkeliaran tidak ada lagi nampak di tempat umum.

“Kami berkoodinasi dengan Dinas Peternakan, pihak Kecamatan dan Kelurahan secara bersama-sama dengan stake holder yang ada melakukan penertiban. Satpol-PP sifatnya membackup pihak Kecamatan dan Kelurahan untuk melakukan penertiban hewan ternak” urainya.

Masdin katakan, pemberlakuan sidak hewan ternak yang berkeliaran ini, tidak bersifat penindakan penegakan perda tetapi bersifat preventif kepada pemilik hewan tersebut.

Namun kami dari Satpol-PP akan menyerahkan kepihak Kecamatan dan Kelurahan yang melaksanakan penegakan dimaksud, sebab merekalah yang pemilik wilayah. Sat pol PP hanya lakukan sesuai tupoksi penertiban saja tanpa harus ada denda kepada pemilik hewan, terangnya.

Umumnya masyarakat pemilik hewan yang ada di seputaran kota Parigi masih bersifat homogen. Pasalnya para pemilik hewan ini belum miliki rasa kesadaran terhadap lingkungan, apa lagi soal kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

Jika pola pendekatan secara preventif dilakukan, mudah-mudahan akan timbul kesadaran demi pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya.

” Kan daerah ini milik kita bersama…! jadi kita harus merasa memiliki dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan tertib dari hewan ternak” jujurnya.

Senada dengan Kasatpol-PP, Ha ini juga dibenarkan oleh Kabid Lelaksana Tugas (PLT) Rivani. Menurutnya, upaya melakukan sidak hewan ternak saat ini akan dilakukan penyisiran seputaran kota Parigi, dan tempat umum untuk mendeteksi titik-titik yang di anggap rawan hewan berkeliaran melalui koordinasi pihak Kecamatan dan Kelurahan, singkatnya.

Reporter : Deni

Editor : P’De Sumardin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here