JPU Meminta Majelis Hakim Tolak Eksepsi Terdakwa Bripka H

0
53
Pengadilan Negeri Parigi

PARIMO, matarakyatindo.com– Jaksa Penuntut Umum (JPU) menolak eksepsi penasehat hukum (PH) dari terdakwa Bripka H, terduga pelaku pembunuhan Erfaldi saat demo tolak tambang emas PT Trio Kencana di Desa Khatulistiwa, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah.

Dalam Penyampaikan penolakan tersebut, disampaikan oleh JPU dihadapan Majelis Hakim dalam sidang kedua yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Parigi, pada Rabu, 2 November 2022 lalu.

“Sidang pada minggu kemarin yang di gelar adalah sidang dengan agenda tanggapan penuntut umum atas eksepsi penasehat hukum terdakwa. Pada intinya, penuntut umum menyatakan dalil-dalil yang diajukan oleh penasehat hukum masuk dalam pokok perkara, urai Kasi Intel Kejaksaan Negeri Parimo, Irwanto, SH,kepada media ini Selasa, 8 November 2022.

Menurut Irwanto, tanggapan atas penuntut umum tersebut, sehingga harus dilakukan pemeriksaan kembali di persidangan, dalam ranah untuk pembuktian.” Ada beberapa poin yang didalilkan oleh penuntut umum.

Yakni surat dakwaan dianggap telah sesuai dengan ketentuan dalam pasal 150 ayat 1 mengenai kewenangan mengadili. Kemudian di pasal 143 ayat 2 yang mensyaratkan, bahwa surat dakwaan harus diberikan tanggal dan ditandatangani serta berisi identitas lengkap.

Seperti Identitas yang dimaksud berupa nama lengkap, tempat lahir, umur, jenis kelamin, kebangsaan dan lain-lainnya.
<span;>Sehingga penuntut umum menganggap surat dakwaan itu sudah dibuat secara cermat, jelas dan lengkap. Ungkapnya.

Terkait tindak pidana yang didakwakan dengan menyebutkan waktu dan tempat tindak pidana itu dilakukan, Sehingga, ada tiga permintaan penuntut umum ke Makim. Ucap Irwanto.

Pertama menolak nota keberatan atau eksepsi dari terdakwa. Kedua, meminta Majelis Hakim memerintahkan pemeriksaan pokok perkara dilanjutkan. Ketiga, menangguhkan biaya perkara hingga putusan akhir. Sesuai jadwal untuk sidang putusan sela, yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 November 2022 besok, pungkasnya.

 

DENI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here