Jubir Covid-19 Parimo : Penetapan Status Tuan “J” Dimana?, Masih Menunggu Hasil Koordinasi

0
85

PARIMO | matarakyatindo.com – Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid- 19) Kabupaten Parigi Moutong Irwan SKM MKes mengatakan, Penetepan inisial Tuan “J” dimana statusnya masih menunggu hasil koordinasi antara Tim Gugus Tugas Dinas Kesehatan Jakarta, Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Menurut jubir Irwan, tempat ditetapkannya status dimana dia (J) harus berada karena sebelumnya juga pernah terjadi di Kabupaten Parigi Moutong.

“Kalau kita melihat kasus sebelumnya yang pernah terjadi, itu juga beralamatkan KTP Parigi Moutong , namun karena kita melihat domisilinya lebih lama di Kabupten Sigi, maka hasil kesepakatan antara Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Sigi bahwa yang bersangkutan itu masuk dalam wilayah Kabupaten Sigi. Kita berharap bahwa kejadian itu bisa terjadi kepada tuan “J”,”Kata Irwan saat Konferensi Pers di Sekretariat Gugus Tugas Covid- 19 Parigi Moutong, Minggu (7/6/20).

Sambung Irwan, saat ini masih akan dilakukan klarifikasi dikarena yang bersangkutan melakukan perjalan yang panjang hingga sampai di Desa Tada Selatan Kecamatan Tinombo Selatan. Paling terpenting kata Irwan, dengan ditemukannya kasus tersebut, maka harus dilakukan pelacakan terhadap orang orang yang berhubungan dengan tuan “J”.

“Semua yang telah berhubungan dengan tuan J mulai dari Puskesmans wilayah Tinombo Selatan sampai dimana dia melakukan kontak fisik maka akan dilakukan Rapit Test,”Jelasnya.

“Oleh karena itu kami berharap, tolong kami didukung, dalam hal ini jika ada yang sempat melihat, mendengar informasi tentang siapa siapa yang telah kontak denga tuan “J”. Mari kita bersama sama kita menjaga Jarak, yang sudah positif kita berharap hanya sampai disitu saja, tidak bertambah dan menyebar kemana mana,”Pintanya.

*Penjelasan Detail Kadis Kesehatan Parigi Moutong terkait inisal “J”*

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong dr Revi J Tilaar menjelaskan, bahwa “J” beralamatkan di Desa Tada Selatan Kecamatan Tinombo Selatan dan mendapat konfirmasi positif dari Pusdatin Provinsi Sulawesi Tengah. Kata ia, yang bersangkutan datang dari Jakarta dan tinggal di Jakarta kurang lebih selama 2 tahun. “J” bekerja di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat dan tidak pernah pulang. Hanya saja kata Revi, si “J” ingin pulang ke kampung halamannya, dan pada tanggal 4 Maret 2020 tiba di Kota Palu dan ia bersama temannya sehingga semuanya berjumlah 2 orang. Setelah itu kata Revi langsung dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari di Palu kemudian melanjutkan perjalanannya ke Desa Tada Selatan Kecamatan Tinombo Selatan.

“Pada saat itu si “J” ingin kembali lagi ke Jakarta, namun Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau Lockdown sehingga si “J” menunda keberangkatannya pulang ke Jakarta hingga menunggu usai lebaran Idul Fitri. Melihat si Orang Tanpa Gejala (OTG) itu, sehingga kata Revi pihaknya menelusuri aktivitas si “J” selama 10 hari. Revi menyebutkan bahwa si “J” tersebut melakukan Shalat Id di rumah saja dan bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Selanjutnya si “J” berencana kembali ke Jakarta karena adanya New Normal ia mengurus segala dokumen yang dipersyaratkan untuk masuk ke Kota Palu dan Penerbangan, salahsatunya pengurusan Surat Keterangan Berbadan Sehat di Puskesmas Tada. Sehingga pegawai Puskesmas Tada kata Revi mengambil suhu bandannya dan suhu bandanya si “J” hasilnya rendah.

“Tanggal 2 Juni 2020 diambil suhunya, tetapi suhunya rendah. Pada akhirnya si “J” berangkat ke Palu untuk persiapan ke Jakarta . Maka si “J” terlebih dahulu dilakukan Swab tanggal 5 Juni 2020 dan hasilnya hari ini Positif. Pengambilan Swab itu dilakukan di Provinsi, Sehingga data mereka sudah masuk di Provinsi . Sebenarnya memang KTP-nya Desa Tada Selatan, hanya saja dia sudah lama tinggal di Jakarta, ada rekamannya saya simpan dan kami telusuri ternyata dia banyak bergaul di Palu. Kami akan melacak siapa siapa yang telah bergaul dengan dia kami akan lakukan Rapit Test,”Ujar Revi. Senin (8/6/2020).

*TIM IKP DISKOMINFO PARIGI MOUTONG*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here