KAPOLDA : 2019 TERDAPAT 101 KASUS ITE PENCEMARAN NAMA BAIK

0
228

PALU || matarakyatindo.com – Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal, S.H, M.H memimpin pelaksanaan Konferensi Pers akhir tahun 2019 Polda Sulteng Selasa (31/12) di Rupatama Polda Sulteng yang diikuti beberapa media di Palu Sulteng.

Capaian kinerja Polda Sulteng dan jajaran dipaparkan secara gamblang oleh Syafril Nursal yang baru menjabat Kapolda Sulteng selama tiga minggu berjalan. Kejahatan konvensional, Laka Lantas, Kasus Narkoba, Tindak pidana khusus serta giat operasional dan pembinaan mewarnai capaian Polda Sulteng.

Yang menarik dalam paparan tersebut pada tahun 2019 terdapat 101 Kasus ITE terkait pencemaran nama baik atau turun 27 kasus dari tahun 2018 sebanyak 128 kasus dari jumlah kasus tindak pidana khusus tahun 2019 sejumlah 49 Kasus, hal ini menunjukkan permasalahan di media sosial ternyata turut menyumbang angka tindak pidana di Sulteng.

Kasus yang berkaitan dengan ITE ini terjadi karena pengaruh pesta demokrasi Pemilu 2019 yang lalu dan rasa emosional warga masyarakat atau netizen yang dituangkan melalui media sosial dan tidak menyadari bahwa apa yang ditulis, foto atau gambar yang di share di media sosial apabila mengganggu perasaan orang lain atau merendahkan martabat atau nama baik seseorang maka itu dapat berdampak pada hukum.

Sehingga Kapolda berharap agar masyarakat lebih bijak lagi dalam bermedia sosial, tidak mudah menanggapi atau membuat caption atau menyebarkan foto/video yang belum dapat dipastikan kebenarannya, sebaiknya dichek terlebih dahulu kebenarannya sebelum dibagikan dan lihat apakah ada nilai manfaatnya apabila informasi tersebut dibagikan.” Tutup syafril.

Sumber : Bidhumas Polda Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here