Karang Taruna Parimo Ikuti Pelatihan Pembuatan ‘Nata De Coco’

0
600

Parimo – matarakyatindo.com Melalui peran Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tengah, dalam memberikan edukasi dan pelatihan tentang pembuatan Nata de coco dan bagaimana proses produksinya sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan kaum millenial mengembangkan potensi kreatif melalui wirausaha muda, utamanya pada Karang Taruna Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan pelatihan dan pengolahan Nata de Coco ini berlangsung selama sepekan, yakni 27 s/d 3 Desember 2019 mendatang, bertempat di Desa Pelawa Baru Kecamatan Parigi Tengah.

Kegiatan ini dibentuk untuk memperkenalkan Nata de Coco yang berasal dari air kelapa tua, dimana selama ini dianggap sebagai limbah kelapa, namun ternyata memiliki daya jual yang tinggi hingga menjadi bahan olahan makanan yang sehat bahkan bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Kegiatan pelatihan dan pengolahan Nata de Coco merupakan bentuk kepedulian Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tengah, terhadap lingkungan dan perekonomian masyarakat di Parimo. Terutama pada generasi muda berkarya dan berinovasi serta mampu mandiri dan berdaya saing.

Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tengah Ridjo Djanggola, mengatakan bahwa saatnya generasi muda mampu menunjukkan kebolehannya dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan serta mampu bersaing.

“Saatnya generasi muda harus tampil mandiri berinovasi dan berkarya dan mampu berdaya saing di era modern saat ini” Tuturnya.

“Kegiatan ini bekerja sama dengan Institut Teknologi Indonesia (ITI), Metode pelatihan memberikan pemahaman tentang Nata de coco sebagai solusi cerdas dari air kelapa yang biasanya hanya dibuang sebagai limbah kini mampu diolah menjadi makanan/minuman yang tak kalah nikmat dan mempunyai nilai ekonomis” Tambahnya

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kabupaten Parimo, Wawan Setiawan, menjelaskan suatu inspirasi dan motivasi lewat pelatihan Nata de Coco kepada Karang Taruna Parigi Moutong untuk lebih menguatkan Usaha ekonomi produktif bagi karang taruna disemua pelosok Parigi moutong, Wawan menambahkan bahwa Kegiatan ini dimotivasi langsung oleh Bunda karang taruna ibu Hj. Dzaldzulmida Djanggola, dan Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Faisan Badja.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here