Kasat Narkoba Polres Morowali Pastikan Penetapan TSK AR Tidak Melanggar Prosedur

0
221
Kasat Narkoba Polres Morowali Iptu Haryadi, SH (Foto : Patar)

Morowali || matarakyatindo.com Polres Morowali melalui Kasat Narkoba Iptu Haryadi SH, pastikan penetapan tersangka AR alias AU seorang warga asal Desa Bahomante Kec.Bungku Tengah tidak melanggar prosedur.

TSK AR alias AU dinilai sudah memenuhi unsur untuk ditetapkan sebagai TSK atas pengusaan Narkotika jenis sabu, sebagaimana yang tertuang dalam UU Narkotika No.35 Tahun 2009 pasal 112 dan pasal 127.

“Penetapan TSK AR alias AU sudah sesuai  prosedur hukum yang berlaku serta melalui tahapan yang benar,” Terang Haryadi kepada sejumlah media diruang kerjanya, (04/07/2020).

Dijelaskan, untuk menetapkan seseorang menjadi TSK ada tahapan maupun mekanisme yang mesti dilakukan termasuk di dalamnya gelar perkara, dan mekanisme tersebut diberlakukan pada TSK AR alias AU.

Sebelum AR alias AU ditetapkan TSK terlebih dulu dilakukan gelar perkara yang dihadiri langsung Kasat Binmas selaku penyidik senior, KBO Reskrim diwakili anggota Reskrim, Kasubag Hukum diwakili Kabag Sumda dan Kasiwas serta Kasi Propam, dan disimpulkan AR alias AU layak jadi TSK.

“Terhadap TSK AR alias AU sudah terlebih dulu dilakukan gelar perkara dihadiri langsung Kasat Binmas selaku penyidik senior, KBO Reskrim diwakili anggota Reskrim, Kasubag Hukum diwakili Kabag Sumda dan Kasiwas serta Kasi Propam.

Kemudian, saat dilakukan penangkapan terhadap AR alias AU bahwa Barang Bukti (BB) Narkotika jenis sabu berada dalam penguasaan TSK, dan berdasarkan hasil labfor, TSK dinyatakan positif menggunakan menggunakan barang haram.

Selanjutnya, untuk para saksi dilakukan wawancara menggali keterangan yang menguatkan.

“Jadi, jika ada pihak-pihak yang menyatakan tidak sesuai prosedur itu tidak benar, yang benar semua prosesnya sesuai prosedur,” Tegas Haryadi.

Reporter : Patar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here