Kasus Aset Dinas Perikanan dan Kelautan Kini Menyeret Mantan Kadisnya Menjadi Tersangka…! Siapa Gerangan ?

0
1162
Wartawan : Sumardin (Pde) / Deni Renaldi

PARIMO | matarakyatindo.com – Penantian selama delapan tahun ‘mengorek’ dugaan kasus penyimpangan aset Dinas Kalautan dan Perikanan tahun 2012, akhirnya pihak Kejaksaan Negeri Parigi Moutong, Selasa (1/9/2020) mengumumkan tersangkanya.

Kepada sejumlah media, Kepala Kejaksaan Negeri Parimo Muhamat Fahrorozi SH, MH mengatakan untuk dugaan kasus penyimpangan aset Dinas Kelautan dan Perikanan sebagaimana sebelumnya bahwa perkara ini sudah ditingkatkan ketahap penyidikan.

Hal ini tertuang melalui surat perintah Kepala Kejaksaan Negeri Parigi Moutong bernomor print : 908/P.1.2.16/Fd.1/07/2020 tertanggal 27 Juli 2020. Bahwa selama tahap penyidikan telah memeriksa setidaknya 30 orang, saksi dan telah menyita benda-benda dan dokumen terkait.

Berdasarkan penyidikan sementara telah ditemukan bukti yang cukup, telah terjadi perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan kewenangan pengelolaan aset pada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Parigi Moutong tahun 2012.

“Dengan bukti tersebut mengakibatkan terjadinya kerugian perekonomian negara dan keuangan negara sehingga pemeriksaan mengerucut pada siapa yang mempertanggungjawabkan perbuatan pidana” urai Kajari.

Muhamat Fahrorozi mengatakan, setelah mengerucut, akhirnya ditetapkan satu orang tersangka berasal dari aparatur sipil negara (ASN) berinisial HL.

“Pasal yang disangkakan yakni pasal 2 ayat (1) jo, pasal 18 subsidair pasal 3 jo, pasal 18 UU nomor 21 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, jo, pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP jo. Pasal 65 ayat (1) KUHP” terangnya.

Sedangkan untuk kerugian negara telah dikantongi oleh penyidik dengan nilai Rp2.140.307.500.- bahwa penyidikan terus berjalan dan tidak menuntut kemungkinan ada tersangka baru yang patut diduga melakukan permufakatan atau setidaknya turut menikmati hasil tindak pidana yang dipersangkakan, pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here