Kejaksaan Negeri Di Tinombo Bersama Pemcat Mepanga Ikuti Launching RJ Serantak Se sulteng

0
347

PARIMO || matarakyatindo.com Kacabjari Tinombo bersama jajaran Pemerintah Kecamatan Mepanga bersama tokoh masyarakat Kotaraya mengikuti Launching Rumah Restorative Justice (RJ) yang diselenggarakan serentak oleh Kajati Sulteng bersama Gubernur Sulteng Bapak Rusdi Mastura, yang diselenggarakan secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting.

Pelaksaan tersebut pada Rabu, 30 Maret 2022 pukul 08.00 wita, Kajati Sulteng Jacob Hendrik Pattipeilohy, SH MH bersama Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura melaunching secara serentak Rumah Restorative Justice di 10 Kejari dan 14 Cabjari se Sulteng.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020. Maksud dari adanya Rumah RJ ini adalah sebagai tempat pelaksanaan musyawarah mufakat dan perdamaian untuk menyelesaikan masalah perkara pidana yang terjadi dalam masyarakat.

Yang dimediasikan oleh Jaksa dengan disaksikan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat setempat, dengan tujuan terselesaikannya penanganan perkara secara cepat.

Serta sederhana dan biaya ringan serta terwujudnya kepastian hukum yang lebih mengedepankan keadilan yang tidak hanya bagi tersangka. korban dan keluarganya. Akan tetapi juga keadilan yang menyentuh masyarakat dengan menghindarkan stigma negatif.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura, mengapresiasi dan mendukung penegakan hukum pidana melalui restorative justice di wilayah sulawesi tengah, dan berharap dengan adanya Rumah Restorative Justice dapat menghidupkan nilai nilai kearifan lokal. Paparnya.

Sementara itu Kajati Sulteng, Jacob Hendrik Pattipeilohy, SH MH dalam sambutannya menyampaikan Rumah RJ dapat menghilangkan adagium bahwa hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah seperti selama ini terjadi.

Kajati Sulteng juga berharap Rumah RJ akan dapat memberikan harapan baru dalam proses penyelesaian hukum sesuai dengan hukum dan adat istiadat yang berkembang di tengah masyarakat. Tutupnya.

Sementara itu, Launching Restorative Justive, Kejari Parimo dan Forkopinda Parimo antusias mengikuti hingga akhir acara dengan meresmikan. Rumah Hukum (Gombo Simpotove) di Desa Parigimpu’u, kecamatan Parigi barat, peresmian RJ oleh Wakil Bupati Parimo Badrun Nggai Bersama Forkopimda di dampingi Kajari Parimo Fahrurozi SH.

Hal demikian juga di ikuti Kejari Parigi Moutong di Tinombo bersama pemerintah kecamatan Mepanga. Kacabjari Tinombo “Fauzipaksi, menuturkan untuk Rumah RJ yang ada di daerah Hukum Cabjari Tinombo, dia memilih Desa Sumber Agung, Kecamatan Mepanga sebagai lokasi Rumah RJ.

Sebab kata dia telah memenuhi kesiapan dan kriteria serta telah menandatangani MoU dengan Cabjari Tinombo, dengan adanya Rumah RJ ini diharapkan dapat menjadi sarana dan wadah bagi masyarakat untuk penyelesaian masalah perkara pidana maupun perdata yang terjadi di masyarakat dengan maksud penyelesaian penanganan perkara dengan prespektif kearifan lokal.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here