Kejaksaan Negeri Parimo Sebut Ada Penyimpangan Dana PKH…! Satu Nama Kini Jadi Tersangka

0
691
Wartawan : Deni Renaldi / Editor : Pde

PARIMO | matarakyatindo.com – Dugaan penyimpangan dana program keluarga harapan (PKH) di Kecamatan Tinombo Selatan, kini menyerat satu nama sebagai tersangka dalam kasus tersebut, karena diketahui sebelumnya program ini diberikan kepada keluarga harapan untuk meringankan beban keluarga miskin.

Namun fakta dilapangan berbeda pada penerima yang ada ditiga desa di Kecamatan Tinombo Selatan, yaitu desa Katulistiwa, Maninili barat dan desa Siaga dimana untuk penerima semestinya layak menerima bantuan sosial tersebut malah kartu kepesertaan (buku rekening) KPM keluarga penerima manfaat justru di kantongi oknum pendamping KPM yang berinisial SD.

Saat ini SD ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara penyimpangan dana bansos PKH oleh Kejaksaan Negeri Parigi Moutong melalui Kejaksaan Negeri Cabang Tinombo.

Berdasarkan press realise Kejaksaan Negeri Parimo, Rabu (23/9/2020) di Kantor Kejaksaan Negeri, dimana tersangka SD setelah dilakukan  penyelidikan perkara terdapat dugaan penyimpangan yang merugikan uang negara sehingga terbukti melakukan penyalah-gunaan jabatannya.

“Yang bersangkutan menahan kartu ATM dan buku rekening penerima manfaat bantuan sosial PKH sejak tahun 2018 hingga 2019” Ujar Eko Dwi Rahardjo, Kacabjari Tinombo.

Eko katakan, saat tersangka dilakukan proses penyelidikan, barulah SD mengembalikan ATM dan buku rekening penerima. Namun ketika penerima mengecek print buku rekening, ternyata saldo rekening ‘ludes’ terkuras, dengan total kerugian mencapai Rp 130.000.000 juta, sebagai nilai yang fantastis.

Pasal yang di tetapkan pasal 8 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana atas perubahan UU nomor 20 tahun 2001. Tindak pidana korupsi yaitu tentang penggelapan dalam jabatan, kemudian juga di terapkan pasal 2 dan pasal 3, yaitu penyalahgunaan wewenang sebagai pendamping PKH, karena menguntungkan diri sendiri dan orang lain. (**)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here