Kejar Adipura, Dinas Lingkungan Hidup Parimo Melakukan Adopsi Cara Penanganan Sampah di Luwuk

0
419

PARIMO – matarakyatindo.com – Kota Luwuk Kabupaten Banggai dikenal dengan Kota Air di Sulawesi Tengah ternyata sudah dua kali sebagai penerima Kota Adipura karena Organisasi Perangkat Daerahnya saling bekerja sama membenahi wilayah penghasil mutiara itu.

Menelisik hasil kerja pemerintah Kabupaten Banggai tentang cara mengelola sampah, ternyata pemerintah Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan studi ‘tiru’ untuk tahapan penilaian Adipura yang semakin dekat.

Studi tiru tersebut dimaksudkan untuk melihat secara langsung mengenai sistim penanganan sampah di Kota Air, sehingga hasilnya dapat diadopsi di Kabupaten Parigi Moutong.

Demikian pernyataan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong Ir Irfan Maraila belum lama ini kepada media.

Kata Irfan, ia bersama staf telah mengamati dan mempelajari perkembangan Kota Luwuk yang sudah dua kali meraih piala Adipura itu dari segi Penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Studi tiru di Kabupaten Banggai, kita ingin melihat dan membandingkan penanganan TPA antara TPA Banggai dan TPA Parigi Moutong yang ada di Jononunu. Ternyata yang masih kurang dari TPA Jononunu seperti timbangan Sampah, Kantor TPA, proses pemilahan dan pengoplosan sampah yang belum maksimal,”Kata Irfan melalui komunikasi via WatsApp (WA), Sabtu (12/10/19).

Irfan menambahkan, selain penanganan TPA juga Manajemen Bank Sampah induk dan unit perlu dibenahi, dan kebersihan Kota harus melibatkan unsur masyarakat.

“Saya lihat di Kota Luwuk hampir tidak ada sampah yang berserakan, benar benar bersih. Parigi pasti bisa seperti itu,”jujurnya.

Irfan mengisahkan, Kota Luwuk sudah tahun kedua menerima penghargaan Adipura, pertama dibawah kepemimpinan Bupati Herwin Yatim. Sebelumnya kata Ifan di zaman Almarhum Bupati Sudarto juga menerima Adipura.

“Informasi dari Sekretaris Dinas LH Banggai tahun yang lalu sudah merupakan tahun kedua dapat Adipura zamanya pak Herwin Yatim saat ini. Di Zaman pak Sudarto juga pernah dapat Adipura. Rencananya Kabupaten Banggai bisa dapat Adipura Kencana,”Tulis Irfan ke Media ini.

“Untuk Kabupaten kita tentang kebersihan harus disahuti karena sudah dicanangkan Bupati, seperti melakukan kerja bhakti setiap hari Selasa dan Jumat. Dan itu sudah sangat mendukung, tinggal partisipasi masyarakat perlu ditingkatkan,”jelasnya.

Saat ditanyakan apakan Penilaian Adipura pekan ini sudah penentu mendapatkan Tropi Adipura? Irfan katakan masih belum final karena tim akan datang kembali pada akhir tahun untuk cek Final Penilaian.

Naskah : Rislan / Diskominfo

Editor :. Sumardin || Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here