Kejari Banggai Berkomitmen Mensukseskan PEN

0
177

BANGGAI | matarakyatindo.com – Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI), melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2020 untuk Program Kerja Skala Prioritas, guna mensukseskan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

PEN merupakan salah  satu program, sebagai upaya untuk memulihkan pembangunan dan perekonomian nasional yang terdampak wabah covid-19 (Corona virus).

Menindak lanjuti program tersebut, Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai, juga berkomitmen mensukseskan PEN, tujuannya agar Negara Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Banggai khususnya, siap dalam menghadapi ancaman yang bisa membahayakan pembangunan dan stabilitas keuangan.

“Kami di Kejari Banggai juga melaksanakan dan ikut mensukseskan PEN, mendak lanjuti Rakernas yang dilaksanakan mulai Senin 14 hingga Rabu 16 Desember 2020,”ucap Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Banggai, Arief Wahyudi kepada Banggai Raya, Senin (14/12/2020).

Menurut Arief, PEN dituangkan dalam bentuk Perturan Pemerintah (PP) nomor : 23 tahun 2020 tentang  pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional, dalam rangka mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi covid 19.

Pandemi covid – 19 kata Arief merupakan suatu kejadian luar biasa, termasuk dalam bencana darurat non Alam yang melanda seluruh dunia, keadaan ini membuat kebijakan stabilitas politik, hukum dan keamanan yang membuat terjadinya transformasi pelayanan publik khususnya demi mewujudkan situasi kondusif melalui penegakan hukum sebagai rangkaian menciptakan keamanan dan ketertiban yang kondusif, demi memajukan perekonomian negara.

Sekedar dikerahui sambungnya, Kejagung RI melaksanakan Rakernas tahun 2020 tanggal 14 hingga 16 Desember 2020, di Gedung menara Kartika Adhyaksa, kompleks Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan.

Hal itu sebagai bagian komitmen untuk meningkatkan kinerja, sesuai sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam rencana strategis Kejaksaan RI tahun 2020-2024.

Kegiatan Raker 2020 ini menurut Arief, di buka oleh Presiden  RI Ir H Joko Widodo dan di ikuti oleh seluruh Jajaran Kejaksaan RI dari tingkat pusat Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi dan termasuk Kejaksaan Negeri Banggai serta Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Bunta dan Pagimana.

Kondisi pemerintahan saat pandemi Covid-19 yang melandan negeri ini membuat kebijakan dan stabilitas politik, hukum dan keamanan serta transformasi pelayanan publik pada tahun 2020, sehingga untuk 2021 di arahkan untuk mendukung pemulihan pembangunan pasca pandemi, khususnya dalam upaya mewujudkan situasi yang kondusif melalui penegakan hukum dan ketertiban keamanan.

Kebijakan ini diantaranya dilaksakan dengan optimalisasi proses penegakan hukum secara inkonvensional akibat kebijakan physical distancing (pembatasan jarak fisik), seperti melakukan sidang dengan cara video conference, pungkasnya. (**)

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here