Kesbangpol Roling Show Ke DPC – PBB Parimo Melakukan Sosialisasi Permendagri No. 78 Tahun 2020

0
158

PARIMO | matarakyatindo.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) Rabu (2/6/2021) malam melakukan roling show ke Kantor DPC Partai Bulan Bintang (PBB) di jalur II Trans Sulawesi Kelurahan Masigi – Kota Parigi.

Kedatangan Kaban Kesbangpol Sakti Lasimpala SE, MSi langsung disambut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Parimo Wawan Setiawan bersama jajaran pengurusnya bertempat diruang rapat kantor cabang PBB di Kelurahan Masigi.

Kehadiran Kaban Kesbangpol ini tak lain untuk melakukan silaturahmi sekaligus memberikan sosialisasi permendagri nomor 78 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendagri nomor 36 tahun 2018 tentang tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik.

Melalui sentilan Permendagri 78 tahun 2020, Kepala Badan Kesbangpol Parimo mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan tertib administrasi tata kelola bantuan keuangan partai politik, setidaknya semua parpol yang memiliki kursi Legislatif harus berperan aktif untuk ikut serta dalam penanggulangan covid-19.

“Roling Show sekaligus melakukan silaturahmi yang kami laksanakan merupakan perintah undang-undang dan merupakan tanggung jawab untuk menindaklanjuti tentang permen nomor 78 tahun 2020” urai Sakti Lasimpala.

Menurut Sakti, pelaksanaan Sosialisasi ini berlaku untuk 13 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Parimo, salah satunya adalah Partai Bulan Bintang yang memiliki Dua kursi Legislatif dan sebagai parpol ke – 11 di kunjungi Kesbangpol.

Sebagai OPD yang berhubungan langsung dengan parpol saat ini, tentu sistim pendekatannya perlu dilakukan, mengingat bahwa dinamika parpol merupakan solusi untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai sebagai bentuk pendekatan dalam rangka bagaimana kerja kerja parpol itu bisa melakukan sinergitas yang baik melalui aturan dan perundang undangan yang berlaku, terangnya.

Intinya sambung mantan Kepala Inspektorat Kabupaten ini, bahwa parpol yang mempunyai perwakilan di Legislatif ini sangat penting untuk kemajuan daerah, mengingat bahwa mereka sebagai orang pilihan itu adalah perwakilan rakyat Parimo.

Sakti mengingatkan juga bahwa isu soal cobid-19 saat ini tidak bisa dianggap ‘sebelah mata’. Dan hal ini sudah menjadi tanggung jawab bersama yaitu antara Eksekutif dan Legislatif.

Sebagai catatan akhir, Sakti berharap kiranya seluruh pengurus parpol harus bebas dari ‘jeratan’ narkotika, mengingat wilayah Parimo tercatat sebagai pengguna dan pemakai narkoba urutan ke Empat di Sulteng dan Kecamatan Parigi nomor Satu yaitu wilayah Kelurahan Bantaya, ujarnya.

Sementara, Ketua DPC PBB Parimo Wawan Setiawan menyatakan, atas kunjungan Kesbangpol merupakan sebuah ‘inspirasi’ pencapaian narasi tanggung jawab profesional yang sangat dibutuhkan.

“Inilah yang kami harapkan dari Kesbangpol, karena selama ini tak pernah ada kunjungan resmi dari Kaban yang didampingi salah seorang Kepala bidangnya untuk bersilaturahmi dalam rangka penyampaian Permendagri nomor 78 tahun 2020. Ini perlu contoh yang baik” kata Wawan. (**)

Wartawan : Pde / Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here