Ketua PWI Sulteng Kukuhkan Ketua PWI Cabang & Ketua SMSI Cabang Parimo

0
436

Wartawan : Sumardin (Pde)

PARIMO || matarakyatindo.com – Perkumpulan jurnalis di Parigi Moutong yang selama ini belum memiliki payung hukum yang tetap dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah, kini telah terwujud.

Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangara SH MH menyebut bahwa kelompok wartawan di Parigi Moutong sudah saatnya memiliki lisensi atau pengakuan khusus dari wadah PWI tingkat provinsi.

Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi tugas jurnalis dilapangan dalam rangka mencari dan menyebarkan berita sebagai upaya pengungkapan fakta melalui tulisan resmi dari seorang wartawan, sebut Ketua PWI Sulteng.

Mahmud Matangara berharap, kiranya di hari Pers Nasional ini semangat kerja jurnalistik lebih ditingkatkan sesuai amanat UU Pers Nomor 40 tahun 1999.

“Diharapkan kepada adik anggota PWI atau dari SMSI untuk bisa mentaati aturan yaitu aturan kode etik dewan pers tahun 1999 no. 40” kata Mahmud.

Menurutnya, seorang wartawan harus mampu mengaplikasi alur kisahnya dalam sebuah tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak, walaupun hal itu dirasa sulit, terutama cara penulisannya di media masing-masing untuk tidak melakukan hal yang keliru, dan jangan sekali sekali dinaikan di media sosial karena akan berakibat fatal.

“Kiranya tahun 2021 pada hari pers tanggal 9 Pebruari kiranya teman teman bisa belajar lebih profesional lagi baik dalam melakukan tugas secara bersama maupun tugas perorangan” terangnya.

Dengan terpilihnya secara aklamasi dua orang wartawan sebagai nahkoda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Parimo dan Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) bisa melakukan terobosan baru untuk mengangkat derajat para jurnalis secara bersama-sama.

“Dengan ketuk palu ini saya menyatakan bahwa saudara pemilik media Berita Sulteng.com saudara Moh. Faozan sebagai Ketua PWI Cabang Parimo dan saudara pemilik media Kabarsaurus.com saudara Bashar Badja sebagai Ketua SMSI Cabang Parimo” sebutnya saat dilakukan rapat internal di kantor bersama media di Bambalemo – Parigi, Selasa (9/2/2021) pukul 15.30 WITA.

Mahmud berharap kiranya kedepan untuk tugas Ketua PWI / SMSI harus berkaloborasi dalam rangka melakukan kontrol terhadap semua wartawan yang ada di Parimo serta selalu menjaga etika berkepribadian yang baik saat menjalankan tugasnya, tutup Ketua PWI Sulteng yang Law Profail ini. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here