Kodim 1308/LB Gelar Latbakjatri Guna Memperkuat Keamanan Teritorial

0
41

LUWUK BANGGAI | matarakyatindo.com – Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah teritorial, Kodim 1308/LB gelar latihan menembak senjata ringan di Desa Koyoan,Kecamatan Nambo, Kabupaten Banggai Selasa (10/3).

Dalam pelaksanaannya, peran serta Satuan Komando Kewilayahan ( Satkowil ) merupakan satuan yang mempunyai tugas pembinaan Teritorial terhadap wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

Kodim 1308 Luwuk Banggai selaku Satkowil yang meliputi tiga Kabupaten yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.

Sehubungan hal tersebut, guna menjaga dan memelihara profesionalitas pelaksanaan tugas, sangat dibutuhkan peran serta dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Teritorial sebagai Satuan Komando Kewilayahan.

Dandim 1308/LB Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos., M.Tr.Han., M.I.Pol., saat menerima kunjungan Tim Asistensi Pengawasan dan Pengendalian Latihan ( Aswasdallat ), Komando Daerah Militer ( Kodam ) XIII/Mdk, sesuai dasar Program Kerja dan Anggaran Kodam XIII/Merdeka TA 2020 bidang operasi khususnya Pembinaan Latihan.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Aswasdallat dipimpin  Kolonel Cpl John Sihombing, S.H. ( Pa Sahli Pangdam XIII/Mdk bidang Ideologi dan Politik ) selaku ketua Tim, bersama Mayor Arm Edy Yulian Budiargo, S.Sos. (Pabandya Renops Sopsdam XIII/Mdk ) selaku anggota Tim Aswasdallat.

Dikatakannya, kunjungan Aswasdallat Kodam XIII/Mdk ini adalah untuk melaksanakan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan latihan yang dilakukan prajurit Kodim 1308 Luwuk Banggai.

Pada kegiatan ini perlu diawasi dan ditinjau sudah sejauh mana kegiatan latihan yang dilakukan Satuan Komando Distrik Militer ( Kodim ) 1308 Luwuk Banggai. Apakah kegiatan tersebut sudah sesuai dengan rencana kegaitan yang dibuat dan memenuhi standar latihan yang telah ditetapkan dari Komando Atas.

“Kunjungan Tim Aswasdallat Kodam XIII/Mdk di jajaran Korem 132/Tdl Kodim 1308/LB, yakni pada kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan ( Latbakjatri ) Triwulan I Tahun Anggaran 2020 bertempat di lapangan Desa Koyoan Kecamatan Nambo Kabupaten Banggai dan dilanjutkan pemeriksaan administrasi di Makodim 1308/LB.

Kegiatan Aswasdallat dilaksanakan dengan maksud untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan latihan yang diadakan oleh Kodim 1308/LB, yakni sejauh mana latihan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang dibuat  dan memenuhi standar latihan yang telah ditetapkan dari Komando Atas.

Hasil kunjungan Tim Aswasdallat di Kodim 1308/LB yakni menyikapi adanya struktur organisasi dan buku petunjuk teknik yang sudah sesuai agar dipertahankan, dan yang belum sesuai harus dirubah dan disesuaikan dengan Bujuknik Tahun 2019.

Pada kegiatan latbakjatri Kodim 1308/LB ini, agar benar-benar dilaksanakan dengan baik, manfatkan waktu latihan yang ada untuk mengasah kemampuan setiap prajurit, dan hasil pelaksanaan latihan menembak rata-rata sangat baik, serta jaga faktor keamanan.

“Profesionalisme prajurit dapat dilihat dari sikap, tingkah laku, disiplin dan  loyalitas, serta militansi yang ditunjukkan dalam kesehariannya”. Tutur Letkol Inf Fanny Pantouw.

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here