Kota Gorontalo Lockdown, Polisi Melakukan Pemeriksaan Setiap Kendaraan Melintas

1
221

GORONTALO | matarakyatindo.com – Bagi masyarakat asli Gorontalo yang ada di perantauan untuk mengurung diri kembali ke kampung halamannya. Pasalnya, Kota Gorontalo saat ini melakukan Lockdown untuk mencegah virus Corona (Covid-19).

Pantauan matarakyatindo.com hari Kamis (2/4/2020) terekam bahwa pihak Kepolisian Polda Gorontalo terus melakukan penjagaan dititik tertentu dengan melakukan pemeriksaan kepada warga yang melintas di bundaran Saronde dan perbatasan Kota dan Kabupaten Gorontalo di Telaga.

Sebagaimana himbauan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kepada masyarakatnya dalam upaya mencegah Covid-19 untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah demi keselamatan diri dan keluarga.

Begini pesan Gubernur Rusli Habibie kepada masyarakatnya menggunakan bahasa daerah.

– Mongulo uluu alihu beresi, artinya mencuci tangan dengan bersih/dan tepat.

– Dipo pondalengo molamingo, artinya jangan berjalan keluar rumah ke tempat yang jauh.

– Dipo potiliya wolo tawuwewo, artinya tidak usah kumpul atau bertemu dengan orang.

– Poti pooyopo to bele, artinya berdiam di rumah saja.

– Ponga mola u’alolo mo ta to bele, artinya makan di dalam rumah saja.

– Ja lipata olo mo olahraga, artinya jangan lupa juga berolahraga.

– Monao mo marakisa to puskesmas u membidu wanu mahemongoto, artinya pergi memeriksakan diri ke puskesmas terdekat apabila tidak sehat

-Ja po resah waw ja pohe, artinya jangan resah dan jangan takut.

Pengakuan warga Kota Gorontalo, Moh. Ridwan Pakaya kepada media ini membenarkan jika daerahnya saat ini sudah siaga Satu mencegah merebaknya virus Corona. Hampir setiap persimpangan jalan telah dijaga ketat pihak Kepolisian setempat.

“Demi mengantisipasi bahaya Corona, kami tetap diam dalam rumah sebagaimana pesan Gubernur Rusli Habibie, apakah melalui radio maupun pengumuman langsung dari Mobil oleh Pemda setempat” tuturnya.

Reporter : Vikry P. Anggriawan S. Husain

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here