Lagi ! Peduli Lingkungan Polda Sulteng Tanam Mangrove di Pesisir Pantai

0
181

PALU | matarakyatindo.com – Kemarin, secara serentak jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir pantai yang ada ditanah air, tidak terkecuali di Sulawesi Tengah.

Bertempat di pantai Kelurahan Tondo Kecamatan Palu Timur, Polda Sulteng melalui Direktorat Polisi Perairan dan Udara sebagai fungsi yang dikedepankan menyelenggarakan penanaman bibit pohon mangrove sebanyak 3.000 pohon, Jumat (21/02/2020) dari target pohon mangrove 10.000 pohon.

Kapolda Sulteng Irjen Polisi Drs. Syafril Nursal, SH MH yang memimpin pelaksanaan penanaman bibit pohon mangrove dalam sambutannya antara lain mengatakan Hutan Mangrove memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia, telah berabad-abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup dipesisir pantai.

Huitan ini memiliki banyak fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi serta beberapa gunsi penting lainnya seperti menahan abrasi, membentuk lahan baru, mencegah perembesan air laut, menyediakah makanan dan mineral bagi hewan laut dan yang sangat penting menjaga stabilitas ekosistem pantai,” tegas Syafril.

Dalam pelaksanaan penanaman bibit pohon mangrove selain melibatkan unsur kepolisian, TNI juga dilibatkan masyarakat yang berdiam dipesisir pantai, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat pemerhati lingkungan.

Selain itu turut hadir unsur forkopimda provinsi Sulawesi Tengah, Kadis kehutanan Sulteng, Kadis Perikanan Sulteng dan Dinas instansi terkait lainnya.

Sumber : Bidhumas Polda Sulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here