Lewat Penyuluhan Narkoba, Remaja GPID Mensung Dibekali Cara Pencegahannya

0
769

PARIMO | matarakyatindo.com – Polres Parigi Moutong melalui Satres Narkoba dan Satuan Bimas Polres melakukan penyuluhan narkotika kepada pemuda-pemudi gereja di GPID PNAIL Mensung, terkait bagaimana cara melakukan pencegahannya.

Dihadapan puluhan remaja GPID PNAIL Mensung, Kasat Narkoba Polres Parimo Iptu Aspa Jahara didampingi KBO Bimas Polres Parimo Aipda Erwin dan Kapolpos Mepanga Aiptu Eko Maryanto serta Brigadir Ruri Pratik (Bhabinkamtibmas) menyampaikan penyuluhan tentang bahaya narkoba, miras, obat-obatan terlarang dan tentang keamanan wilayah serta bagaimana cara penanganannya.

Kata Iptu Aspa Jahara, pelaksanaan kegiatan tersebut adalah merupakan program kerja Polri melalui Polres Parimo dan Polsek Tomini yang tak lain bertujuan untuk membentuk mental dan kepribadian para remaja Gereja untuk bisa tertib hukum agar bisa menjauhi narkoba karena akan merusak masa depan.

“Sesuai dengan UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan UU nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika, banyak jenis dan golongan serta ada jeratan pidana bagi pengguna maupun pengedar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasat Narkoba menjelaskan, khusus tentang definisi narkoba dimana narkoba di bagi tiga urutan, “Ada narkotika, psikotropika dan bahan adiktif. Jenis-jenis narkotika dibagi dua menjadi jenis tanaman (ganja, tembakau gorila) dan bukan tanaman (sabu, heroin, morpin).

Iptu Aspa Jahar sangat berharap para pemuda – pemudi gereja di Mensung untuk bisa menjaga lingkungannya dengan menghindari bahaya narkoba dan pornografi. Dia juga meminta agar para remaja GPID PNAIL terus meningkatkan kedisiplinan.

“Gereja adalah rumah Tuhan yang merupakan tempat memohon keselamatan kepada Tuhan dan juga untuk membangun mental kepribadian melalui puji-pujian doa serta sebagai benteng melindungi diri dari ancaman bahaya narkoba” pesannya.

Kasat Narkoba mengatakan, pengguna narkoba saat ini sangat memprihatinkan sekali. Ini artinya bahwa semua pemakai narkoba adalah orang yang dirugikan, sehingga untuk pengguna narkoba seharusnya tidak dipenjara, namun direhabilitasi, ujarnya.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here