Lima Kabupaten/Kota di Sulteng Terima Award Ombudsman RI

0
337

PALU || matarakyatindo.com – Masuknya Lima (5) Daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng) sebagai Zona Hijau Penyelenggaraan Pelayanan Publik berdasarkan Hasil Survey Kepatuhan di Tahun 2019.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI (ORI) Sulteng, Sofyan Farid Lembah dalam siaran persnya, Rabu (27/11/2019) mengatakan hal itu sebuah kejutan (suprised) dimana tahun ini ada lebih 5 daerah masuk zona hijau pelayanan ketimbang tahun lalu yang hanya 2 daerah yaitu Pemprov Sulteng dan Kabupaten Banggai.

“Berarti tinggal 2 daerah masih tertinggal yakni Kabupaten Donggala dan Kabupaten Toli Toli yang masih dalam belutan Zona Merah yang juga ikut disurvey tahun ini,” ungkap Sofyan kepada media

Tahun 2020 akan datang lanjutnya, sesuai dengan Program Nasional dalam RPJMNAS BAPPENAS dimana Survey Kepatuhan menjadi wajib untuk seluruh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota maka 13 pemda kita seluruhnya akan disurvey kembali.

“Ini menjadi tantangan tersendiri karena hasil survey tersebut merupakan profil wajah pelayanan publik terbaik di Sulawesi Tengah,” ungkapnya lagi.

Olehnya masyarakat harus diberi penjelasan soal wajah sesungguhnya bagaimana pemerintah amanah menjalankan kewajibannya dengan memberikan kualitas pelayanan publik yang baik, jujur dan transparan.

Ombudsman adalah sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, mempunyai kewajiban menjembatani harapan masyarakat atas sebuah pelayanan publik yang berkualitas tersebut.

Pemberian penghargaan oleh ORI ini kepada ke 5 kabupaten/kota antara lain Kabupaten Parigi Moutong, Tojo Una Una, Poso, Sigi dan kota Palu.

“Adalah sebuah bukti bahwa pimpinan Daerah di ke 5 pemda tersebut menyadari perannya di Era Disruption 4.0 untuk memprioritaskan pelayanan publik yang bisa memberi senyuman kepada masyarakatnya,” tandas dia.

Reporter : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here