Lokasi Banjir Bandang Di Kecamatan Torue Ditinjau Wabup H. Badrun Nggai

0
96

Editor : P’de Husain

PARIMO | matarakyatindo.com – Kurun waktu sepekan ini, curah hujan di Wilayah Selatan Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) sangat lebat. Akibatnya, tanggul diwilayah Kecamatan Torue dan Kecamatan Balinggi tak mampu menahan debit air sehingga meluber kejalan dan pemukiman rumah penduduk.

Pemerintah daerah tidak tinggal diam dengan melakukan peninjauan langsung pasca banjir melanda kedua wilayah tersebut.

F/lokasi banjir yang ditinjau Wakil Bupati (F-Kominfo)

Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai SE didampingi Sekretaris BPBD Parigi Moutong I Nyoman Adi Susmanta, ST MSi, perwakilan Dinas PUPRP Parigi Moutong, perwakilan Kecamatan Torue, kades Tolai I made Gede Dipayana, kades Tolai Timur I Made Sukanto, Tagana dan TNI Polri Selasa (31/3) turun ke TKP melakukan peninjauan lokasi Banjir Bandang di Desa Tolai Kecamatan Torue.

Dalam kunjungan itu, Wakil Bupati menyemangati dan mengapresiasi para relawan dari TNI, POLRi, BPBD, TAGANA dan masyarakat Desa Tolai, membersihkan tumpukan material kayu dan sampah lainnya yang menutupi aliran sungai yang mengakibatkan air sungai meluap mengenangi rumah warga dan jalan Trans Sulawesi di karenakan tingginya curah hujan dan debit air di sungai meningkat sehingga terjadi banjir Bandang.

Banjir Bandang terjadi diakibatkan jebolnya tanggul pembatas aliran sungai dengan area persawahan sehingga mengakibatkan aliran sungai meluap dan menggenangi area persawahan dan dampaknya pula sampai ke Desa Tolai Timur Kecamatan Torue.

Berkaitan hal itu, Wakil Bupati Parigi Moutong menginstruksikan kepada sekretatis BPBD dan perwakilan dari Dinas PUPRP agar segera bertindak memperbaiki tanggul pembatas aliran sungai dengan area persawahan dan memperbaiki jaringan pintu air agar bisa mengairi ke area persawahan.

“Saya perintahkan BPBD dan Dinas PUPRP segera memperbaiki tanggul yang jebol dan jaringan pintu airl, agar air dapat memgalir dengan baik ke sawah sawah milik warga,”Pintanya.

Sebelum berpamitan Wakil bupati juga berpesan kepada para petani untuk bersabar. Kata ia, Pemerintah akan bertindak untuk memperbaikinya agar para petani bisa bercocok tanam seperti biasanya. Kamis (2/4/20).

Tim Gugus Tugas Covid-19 Bidkominfo Parimo

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here