Luar Biasa.!! Disdukcapil Parimo Siapkan Aplikasi Online Untuk Permudah Pelayanan

0
200

Parimo || matarakyatindo.com Guna mempermudah layanan Administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Parimo Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan aplikasi online.

“Kami sementara sedang mengembangkan sebuah apilkasi online untuk mempermudah Pelayanan Administrasi di lingkungan Disdukcapil Parigi Moutong, Aplikasi itu bernama Dukungan Pelayanan Adminduk Online,” ungkap Kabid Inovasi Adminduk Disdukcapil Parigi Moutong, setelah ditemua usai rapat dengar pendapat dengan DPRD Parimo, Rabu (17/06/2020).

Ia mengatakan, dengan inovasi aplikasi layanan kependudukan terbaru dari Disdukcapil Parigi Moutong, pemerintah desa dan kelurahan dapat mencetak secara mandiri KTP dan KK.

Namun, sasaran untuk yang percobaan pertama aplikasi layanan kependudukan ini adalah dari pemerintahan kelurahan selanjutnya ketingkat desa.

“Kita awali dari pemerintah tingkat kelurahan, karena rata-rata kelurahan di wilayah Parigi Moutong sudah menggunakan akses WiFi, sehingga mempermudah dalam mengakses layanan online Disdukcapil,” singkatnya.

Ia melanjutkan, sambil menunggu website sudah siap dengan baik, pihaknya menunggu regulasi yang sementara disusun.

Saat ini kata dia, pihaknya sedang berinovasi tentang pelayanan langsung data kependudukan dan pencatatan sipil di desa dan kelurahan.

Namun, pihaknya masih menginventaris desa dan kelurahan mana saja yang sudah memiliki set up jaringan Wifi.

Tujuan inventaris ke desa dan kelurahan kata dia, adalah mengoptimalkan pengklusteran kondisi jaringan internet.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMPD), untuk memudahkan akses inventaris ke desa atau kelurahan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, jika terdapat salah satu desa atau kelurahan belum memiliki akses jaringan internet. Maka, akan dilihat desa terdekat untuk melakukan penginputan data kependudukan.

Nantinya, setiap kepala desa dan lurah akan menugaskan salah satu operatornya, untuk menjadi salah satu admin atau user aplikasi layanan kependudukan  baru ini.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here