Luar Biasa.!! Pemerintah Desa Paminggalan di Majene, Luncurkan Aplikasi SIAP BE

0
195
Saripuddin HM, S.Sos selaku Kepala Desa Paminggalan Kec. Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulbar (Foto : Ist)

Sulbar, Majene || matarakyatindo.com Panjangnya proses pengajuan administrasi kependudukan tak lagi dirasakan oleh masyarakat di Desa Paminggalan, Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Pasalnya, pihak pemerintah desa setempat telah mengeluarkan inovasi pelayanan publik berbasis Aplikasi.

Aplikasi yang diberi nama Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Persuratan atau SIAP BE ini merupakan sistem pelayanan desa Offline dan rencana pengembangan selanjutnya adalah pengadaan Website dan Layanan Online yang dapat di-download langsung melalui PlayStore yang ada di smartphone.

Perancang Aplikasi SIAP BE, Sukardi, S.Si selaku CEO CV. Soe Multi Digital mengatakan, SIAP BE adalah sebuah platform pelayanan publik yang fokus terhadap pelayanan di tingkat pemerintah desa. Layanan yang disediakan adalah Sistem antrian terpadu, layanan pembuatan surat mandiri yang terdiri lebih dari 45 lebih macam surat. yang semua pengunaannya tidak lagi membutuhkan waktu lama, publikasi dana desa, grafik kependudukan melalui website informasi desa untuk kedepannya.

“Dari berbagai layanan tersebut kami juga menyediakan juga nantinya paket bundling berupa mesin layanan satu pintu dan juga aplikasi berbasis mobile (android) yang nantinya tersedia di Google Play Store,” kata Sukardi, S.Si, Kamis (11/3/2021).

Dia mengatakan, berbagai platform pelayanan terpadu yang diciptakan bertujuan untuk mempermudah proses administratif, mempercepat pelayanan masyarakat di desa dan sarana publikasi potensi desa.

“Serta sebagai bentuk sinkronisasi antara program pemerintah provinsi yakni menghadirkan layanan secara Cepat, Efektif, Efisien, Tanggap, Transparan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Paminggalan Kec. Sendana Kabupaten Majene Saripuddin HM, S.Sos mengatakan, aplikasi SIAP BE ini diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan administrasi kependudukan. Sebab selama ini banyak keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan. Terlebih lagi, bagi masyarakat yang sedang bekerja di luar kota.

“Oleh karena itu kami buat aplikasi SIAP BE agar masyarakat lebih mudah dalam membuat surat. Seperti yang di luar kota itu, mereka tidak perlu pulang kesini (Desa Paminggalan-Red). Cukup mereka memasukan NIK ke aplikasi itu, dan surat apa yang dibutuhkan, kemudian dicetak,” kata dia.

Selain itu, Saripuddin menerangkan bahwa pembuatan aplikasi tersebut juga kedepannya akan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Majene.

Sedangkan Abdullah selaku warga Desa setempat mengatakan Aplikasi SIAP BE merupakan inovasi dan gebrakan baru di Desa Paminggalan, Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Mengingat, aplikasi tersebut merupakan bagian dari program pemerintah khususnya Menteri Dalam Negeri Dirjendukcapil yakni gerakan masyarakat sadar dan tertib administrasi kependudukan.

“Kami berharap aplikasi ini menjadi contoh bagi desa lain terutama pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan terintegrasi lainnya. Kami bangga akan mendukung Inovasi Digital seperti ini di Desa kami” ungkapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here