Luas Kebakaran Lahan di Bonbol Gorontalo Diperkirakan Lima Hektar

0
202

Bonbol, Matarakyatindo.com kebakaran kembali terjadi di Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango (Bonbol). Kali ini, “si jago merah” tersebut menghanguskan lahan perkebunan masyarakat.

Menurut Roinal Akbar Otoluwa selaku Kabid Damkar di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kabupaten Bone Bolango, kebakaran yang terjadi di Desa Longalo tersebut sudah satu minggu yang lalu.

“Sebelumnya untuk kebakaran di Desa Longalo kita mendapat kabar bahwa sebenarnya kebakaran ini sejak satu minggu yang lalu, tapi kebakaran itu masih bisa di atasi oleh masyarakat. Nanti pada saat tadi (15/9) menjelang magrib, itu meluas dan makin besar apinya”, jelasnya.

Api saat membakar lahan warga pada pukul 01:26 dini hari (foto: Hamdi)

Roinal menambahkan bahwa mereka juga sudah meminta pihak-pihak terkait, Damkar, TNI-POLRI, dan BPBD turut langsung dalam hal penanganan kebakaran di Desa Longalo, Kecamatan Bulango Utara tersebut.

“Untuk besaran lahan kita tidak bisa memperkirakan karena lokasinya ada di perbukitan, karena ada lahan masyarakat yang terbakar/ kebun masyarakat, perkiraan dari beberapa pemilik lahan kurang lebih lima hektar yang terbakar”, tambahnya.

Lanjutnya, api yang menghanguskan lahan masyarakat tersebut diduga berasal dari desa tetangga.

“Api diduga dari desa sebelah, dari Desa Tupa. Jadi dia (Red: Api) merembet kearah perbukitan dan dia turun di Desa Longalo”, tuturnya.

Reporter : Hamdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here