Mahasiswa KKN UM Pare-Pare Ubah Sampah Sekam Padi Jadi Bahan Bakar Pengganti LPG dan Minyak Tanah

0
1320

Makasar, matarakyatindo.com Banyaknya sampah Sekam Padi yang di buang dan dibakar di pinggiran jalan di Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap membuat mahasiswa KKN XXI Universitas Muhammadiyah (UM) prihatin.

Padahal, Sekam padi adalah potensi yang sangat melimpah di kecamatan Pitu Riawa yang hanya di bakar dan menjadi sampah dimana mana. Di Kecamatan ini juga merupakan penghasil sampah Sekam Padi terbanyak setiap panennya, namun belum termanfaatkan dengan baik.

Abd. Rajab, selaku Koordinator Kecamatan (Korcam) menuturkan bahwa Sekam padi atau yang sering disebut Merang merupakan bagian kulit padi yang telah kering atau buah padi yang tidak memiliki butir padi di dalamnya.

“Melihat sekam padi yang hanya dibuang di pinggir-pinggir jalan dan mengganggu pemandangan, menggugah semangat teman-teman kami untuk mengubahnya sebagai bahan untuk bisa dijadikan bahan produk kreatif untuk dijadikan ide bahan bakar dalam berwirausaha”, ucapnya pada kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Camat Pitu Riawa yg digelar bersamaan dengan Talkshow kewirausahaan yang dilaksanakan oleh DPK KNPI dan KKN UMPAR Angkatan XXI, dengan tema “Kolaborasi Membangun Jiwa Kewirausahaan Pemuda Melalui Potensi Berbasis Lokal”. Selasa, (3/9/19).

Tahap pembuatan Briket ini dimulai dari pengarangan sekam padi, lalu perekatan menggunakan tepung kanji, setelah itu mencetak sekam padi, dan penjemuran.

Penjemuran Briket. (Foto:Ist)

Briket memiliki arti sebagai bahan bakar padat yang dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang mempunyai bentuk tertentu.

“saya berharap dengan adanya seminar dan pelatihan pengolahan sekam ini bisa membangkitkan jiwa wirausaha di masyarakat melalui potensi lokal yang ada kecamatan Pitu Riawa dan memanfaatkan sekam jadi produk usaha dan bisa di jual ke pasar-pasar daerah bahkan sampai nasional” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dihadiri lansung oleh Rektor Universitas Muhammdiyah Parepare Prof. Dr. H. Muhammad Siri Dangnga.

Reporter : Hamdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here