Maksimalkan Pengawasan, 14 Pengawas Kelurahan/Desa di Kec. Tomini Resmi di Lantik

0
183

Parimo – matarakyatindo.com Bertujuan untuk memperkuat sayap dan pelaksanaan tugas pengawasan sampai di tingkat desa/kelurahan. Sebanyak 14 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di Kecamatan Tomini Kabupaten Parigi Moutong resmi dilantik. Selasa (17/03/2020)

Pimpinan Bawaslu Parimo, Koordinator Devisi Penindakan Pelanggaran, Moh. Iskandar Mardani, S.Sos, MPA. menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan dan pengambilan sumpah janji.

“Saya sampaikan selamat dan sukses atas pengambilan sumpah janji Pengawas Kelurahan/Desa. Semoga amanah dalam bertugas menjalankan wewenang dengan mengedepankan keadilan” Ungkapnya.

Tak lupa Moh. Iskandar juga mengatakan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilantik adalah ujung tombak pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, maka beliau berpesan agar tugas yang diemban harus dijalankan dengan sungguh sungguh.

“Panwaslu Kelurahan/Desa harus bisa menempatkan posisinya sebagai pihak yang netral tidak memihak ke salah satu pasangan calon. Selain itu Panwaslu Kelurahan/Desa juga dituntut untuk menjalin koordinasi yang baik dengan lembaga Pemilu lainnya yaitu PPS dan juga pemerintahan di desa. Hal ini dimaksudkan sekiranya ada permasalahan bisa diselesaikan dengan cepat”, tegasnya.

“Pengawas Kelurahan/Desa itu merupakan penentu sukses Pilgub Sulawesi Tengah tahun 2020”, terangnya lebih jauh.

Sebagai informasi pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji dilakukan di Aula Pertemuan Pogaian Beach. Yang dipimpin oleh ketua Panwaslu Kecamatan Tomini, Mizwar SP dan dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong, Sekcam Tomini, Kapolsek Tomini, serta PPK Kecamatan Tomini. Ada 14 orang PKD terpilih.

Ketika ditanya harapannya terkait telah dilantiknya PKD tersebut, Ketua Panwascam Tomini, Mizwar, SP memberikan penjelasan mengenai pentingnya Netralitas dan Integritas para PKD yang telah di lantik

“Harapan kami sebagai Panwascam Tomini agar para PKD mampu bekerja dengan baik, menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugasnya di kelurahan/desa masing masing,” Imbuhnya

“Pelantikan berjalan lancar dari awal hingga akhir. Diharapkan para PKD yang ada di Kelurahan/Desa bisa bekerja sesuai dengan tupoksi tugas mereka. Sehingga terwujud demokrasi yang lebih baik demi demokrasi yang lebih baik pula” Tambahnya.

Anggota Panwascam Fudal, S.Pd selaku divisi HPPS (Hukum Penindakan Pelanggaran dan Sengketa) juga memberikan pesan kepada PKD yang dilantik untuk tetap saling koordinasi

“Selalu menjalin komunikasi baik dengan PPK dan lembaga yang lain sebagai upaya pencegahan” Tutupnya.

Reporter : Yunus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here