Maraknya Bom Ikan, Perairan Teluk Tomini Jadi “Lautan Api”, Warga Resah.!!

0
319

Parimo – matarakyatindo.com — Nelayan di Pesisir Teluk Tomini tak henti – hentinya di hantui oleh pengeboman ikan (Ilegal Fishing) masyarakat berharap agar kegiatan Pengeboman Ikan ini beroleh tindakan dari pihak terkait dalam hal ini Kepolisian serta Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong.

Hal ini di ungkap oleh salah satu warga Desa Ogotion, Biransa (48) yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan tradisional, untuk kebutuhan hidup sehari – harinya ia harus bertarung dengan dinginnya udara dan cuaca langit yang kurang bersahabat.

“Biaya kami untuk turun kelaut mencari ikan pada malam hari tidaklah sedikit, pulangnya kami tidak beroleh apa – apa, ini di sebabkan karena maraknya pengeboman ikan di teluk tomini” Tuturnya kepada media.

Dirinya mengakui bahwa pengeboman ikan yang selama ini sering terjadi, menjadikan penghasilan mereka tidak seperti dahulu, mengingat dirinya dan para nelayan lainnya jarang lagi beroleh ikan untuk di jual kembali dan mengembalikan biaya sebagai modal untuk turun kelaut.

“Mau gimana lagi pak, ikan habis di Bom oleh Nelayan lain yang entah dari mana mereka berasal, banyak ikan – ikan kecil yang mengapung diatas laut kerena terkena imbas dari pengeboman ikan tersebut” Ungkap Biransa dengan mimik wajah yang kesal.

Sementara itu, nelayan lainnya yang juga pembudidaya Rumput Laut, Nurhayati (53) warga Desa Ogotion Kecamatan Mepanga, mengaku dengan adanya pengeboman ikan tersebut, mengakibatkan Budidaya Rumput Laut terganggu.

“Dengan Pengeboman Ikan ini, Budidaya Rumput Laut kami terganggu, sehingganya membuat hasil produksi rumput laut kami menurun di sebabkan Rumput Laut yang mati dengan Pengeboman Ikan ini” Imbuhnya.

Dihubungi Terpisah, Kepala Desa Ogotion Kecamatan Mepanga, Budi T. Udjing juga mengaku sangat geram dengan ulah para Nelayan yang menggunakan Bom Ikan untuk beroleh pendapatan Ikan lebih di Wilayah Teluk Tomini.

“Kami atas nama pemerintah, berharap kepada Pihak berwajib untuk sesegera mungkin melakukan Patroli dan penangkapan kepada para pelaku Pengeboman Ikan tersebut, karena ini benar – benar telah¬† meresahkan banyak pihak termasuk para nelayan kecil dan pelaku usaha yang harus mengais rezeki dari hasil tangkapan ikan dan hasil laut lainnya” Cetus Kepala Desa Ogotion,¬†Budi T. Udjing

Reporter : Yunus

Email Redaksi : media@matarakyatindo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here