Maraknya Modus Penipuan Via Telepon & SMS, Ini Pesan Kapolres Parimo.!!

0
991
Kapolres Parimo, Zulham Efendi Lubis S.I.K (Foto : Ist)

Parimo, matarakayatindo.com, Zaman sudah semakin canggih, modus penipuan dengan telepon masih saja marak terjadi. Mulai dari modus pemenang undian sampai info orang terdekat kecelakaan pun dilakukan.

Bahkan tak tanggung – tanggung mereka mengatakan mampu membantu dalam pengurusan SIM, KTP, KK, Akte Kelahiran dan sebagainya.

Pada situasi normal, penipuan via telepon mungkin tak terlalu efektif buat menjebak calon korban. Tapi, pada situasi-situasi tertentu, bukan tidak mungkin calon korban yang tadinya selalu waspada dapat tertipu juga. Jika korban dalam kondisi amat lelah atau mengalami kondisi yang serupa dengan narasi penipu sehingga jadi mudah percaya.

Misalnya, Kronologis Modus via telepon genggam minta pulsa belum lama ini terjadi pada seorang wanita di Kecamatan Mepanga, p

“Berawal pelaku menelpon korban dan mengatakan ini dengan mbak IR, jawab korban ia ini dengan siapa saya pak wahyu dari Polres Parimo, oh ia pak ada apaya? Bisa bantu isikan pulsa 10 nanti saya ganti. Hp saya hilang dan saya ada rapat, nanti saya ganti uangnya” Ujar korban.

Selanjutnya pelaku terus menghubungi korban kenapa cuman pulsa 10 mana pulsa 50, tambah IR, loh kok bapak polisi minta pulsa dengan saya, pelaku pun mengajarkan, kamu susah saya bantu buat SIM, sontak penipu marah dan mengatai dengan nada keras dan memaki korban” Ucap IR pada media ini.

Kapolres Parimo, Zulham Efendi Lubis S.I.K menyampaikan pesan Kepada masyarakat melakukan kroscek dulu terhadap pelaku.

“Saya himbau untuk kroscek kebenaran info sebelum melakukan sesuatu apalagi permintaan tak jelas melalui HP dan sosmed, Laporkan kepada kepolisian terdekat dan dapat juga di laporkan ke web Telkom” Ucap Zulham.

Dirinya menambahkan Kepada pelaku hoax penipu sosmed dan HP Sadarlah,

“Hukum dunia telah menjerat perbuatanmu, dan hukum akhirat telah menantimu. kata Zulham, k

“Korban mudah dikelabui oknum nakal ini, penting buat tahu modus-modus yang sering digunakan para penipu via telepon. Umumnya, cara yang mereka gunakan serupa tapi tak sama. Jadi, selama kita paham polanya, kita bisa kok terhindar dari penipuan ini” Imbuhnya.

“Dalam menjalankan aksinya tak pernah menggunakan trik hipnotis, Semua korban murni tertipu karena bujuk rayu, Untuk menjalankan aksinya bentuk modus penipuan via telepon, pihak kepolisian juga tak henti-hentinya mengejar dan memburu para pelaku penipuan berkedok transfer pulsa dan sebagainya, dan menjerak pelaku dengan hukum seberat-beratnya” Pungkasnya.

Reporter : Deni Renaldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here