“Marzuki” Moratorium Belum Di Cabut. Masyarakat Dua DOB Inginkan Pemekaran. Tim Akademik Penyusun RUU Buat Kajian dan Draf

0
259
Marzuki Ketua I KP2KM foto Deni

PARIMO matarakyatindo.com Perjuangan pemekaran Kabupaten Moutong terus di gaungkan masyarakat Eks Moutong sejak tahun 2009 silam. Telah terbentuk suatu kelompok pemekaran sejak itu terbentuk sehingga ada inisiatif ingin memekarkan kabupaten moutong.

Hal tersebut di sampaikan ketua 1 Komite Perjuangan Pemekaran Kabupaten Moutong (KP2KM) Marzuki S Pagoca. Selasa 24 mei 2022. Di ukapkannya Dalam rentan waktu 2009 hingga 2012 kami di minta melengkapi dokumen persyaratan Cqlon DOB dan itu sudah kami lengkapi. Ungkap Marzuki.

 

Kemudian. kata dia pada tahun 2013 kami mendapatkan amat presiden. Secara faktual. perjuangan ini sudah mendapat restu dari DPR RI pada tahun 2012 melalui hak inisiatif. Kemudian Di katakannya surat yang di layangkan DPR RI telah di balas oleh presiden dan meberikan penugasan kepada metri keungan, mendgri dan menkopolhukam untuk menindak lanjutinya.

Surat tersebut harus segera di bahas bersama komisi II, dan Badan legislasi bagaimana rancangan Undang Undang mejadi Undang undang Daerah Otonomi Baru (DOB). Namun pada tahun 2015 terjganjal adanya moratorium.

Namun Akan tetapi meskipun adanya moratorium yang belum di buka. berkat usaha dan lobi lobi yang kami lakukan “Alhamdulillah hari ini Tim yang di inisiasi oleh badan legislasi (Baleg), hadir untuk meninjau calon DOB Tomini dan Moutong. Tuturnya.

“Marzuki mempertanyakan apakah ada celah di tengah perjuangan ini ada moratorium di buka. Namun kata dia moratorium hanya sebuah kebijakan berdasarkan kajian pemerintah. Sehingga belum memekarkan suatu daerah. Sebab Berdasarkan kajian tersebut, 75 persen DOB tidak bisa mandiri.

Tim yang datang kali ini memang turun langsung dan membuat kajian dan merampungkan draf UU yang akan di bahas di Banmus DPR RI. Namun kajian itu tidak hanya kali ini namun akan datang kembali untuk finalisasi Draf RUU yang akan di Paripurnakan.

Saya berharap dengan adanya tim akademik penyusun RUU. Yang menbuat kajian dan draf, Ada harapan semua masyarakat Eks Moutong dan Tomini Raya yang menantikan adanya pemekaran sejak lama semoga ini akan segera terwujud. Pungkas Marzuki.

Deni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here