Masyarakat Diimbau Urus Adminduk di Kantor Dukcapil ‘Jangan Pakai’ Perantara

0
113
Reporter: Deni Renaldi / Editor : Pde

PARIMO | matarakyatindo.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Parigi Moutong (Sulteng) melalui Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Yamin G. Noho SE.

Dia menghimbau masyarakat untuk datang sendiri dalam mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) ke Kantor Disdukcapil setempat.

“Jadi, jangan memakai perantara dalam mengurus Adminduk. Sebab, pelayanan adminduk tidak dipunggut biaya (Gratis,red). Tapi, yang sering kali masyarakat meminta bantuan pihak ketiga ,”ujarnya.

Menurut Yamin, bila mengacu pada  UU No.23/2006 tentang Adminduk dengan mengamanatkan pelayanan adminduk seperti pembuatan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) tidak dipunggut biaya alias gratis.

“Kami juga melakukan pemasangan tulisan Tidak Dipunggut Biaya (Gratis) pada tiap  loket.  Ini dilakukan agar masyarakat yang mengurus adminduk tahu. Jika, masih ada petugas yang meminta biaya segera laporkan,”jelasnya.

Lebih lanjut kata Yamin, dalam pelayanan adminduk diharapkan masyarakat datang langsung ke Kantor Disdukcapil Parimo. Ini dilakukan agar masyarakat bisa tatap muka langsung dengan petugas yang memberikan pelayanan.

Bagi Warga yang akan mengurus administrasi kependudukan harus datang sendiri agar tidak terjadi kesalahan dalam administrasi kependudukannya. Kata Yamin, karena jasa calo atau perantara akhirnya hanya menimbulkan persoalan baru, paling tidak menimbulkan kesan pelayanan kependudukan di Disdukcapil.

“Saya sudah tegaskan bahwa semua kepengurusan yang menyangkut dengan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya,” dan jangan ada titipan kepada perantara”, katanya.

Jika ada calo atau perantara kepengurusan administrasi, pihaknya tidak bertanggungjawab atas kesalahan penulisan nama, alamat, foto dan NIK.

“Jadi sekali lagi saya tekankan jangan ada jasa penitipan pengurusan dokumen kependudukan” tegas sosok penguat Administrasi ini. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here