Mempermudah Gerakan Air Saat Musim Hujan, Dinas PUPRP Perbaiki Jalur Kanal ‘Menyempit’

0
59

Foto : Nampak PLT Kadis PUPRP Rivai ST, MSi melakukan kontrol saat dilakukan pelebaran kanal di Kelurahan Loji (F-Pde)

PARIMO | matarakyatindo.com – Jalur saluran air (kanal) di Kelurahan Loji dan Kelurahan Bantaya saat ini diperlebar untuk melancarkan pergerakan air saat musim hujan berlangsung. Hal ini dilakukan oleh pihak Dinas PUPRP Parimo sebagai tindak-lanjut perintah Bupati belum lama ini.

PLT Kadis PUPRP Parimo Rivai ST, MSi kepada matarakyatindo.com saat melakukan pengawasan perbaikan jalur kanal di muara Kelurahan Loji, Minggu (9/8/2020) mengatakan, pihaknya terus melakukan monitoring jalur kanal yang ada di Kelurahan Bantaya dan Loji.

Untuk saat ini kata Rivai, jalur kanal yang ada masih menyempit. Akibatnya, saat air menerobos jalur kanal, ternyata daya tampung sangat kecil, “Inilah yang dilakukan saat ini, yaitu melakukan pelebaran kanal untuk melancarkan air saat musim hujan tiba” tuturnya.

Pekerjaan yang dilakukan adalah melakukan penggalian pasir / tanah yang menutup jalur kanal. Dan ini adalah syarat untuk mempermudah lancarnya jalur air kehulu, sehingga saat ini kanal yang dilebarkan dimulai dari hilirnya.

“Dari hilirnya kita mulai, yaitu kanal yang berada di Kelurahan Loji di daerah pelabuhan, karena muara kanal tersebut kunci untuk mempercepat lajunya air hingga ke bibir pantai sehingga air tidak lagi merendam rumah warga” kata Rivai.

Untuk mempercepat kerja pelebaran kanal, pihaknya menggunakan alat berat jenis Excapator yang tidak terlalu besar, guna menerobos jalur kanal yang terkendala dengan banyaknya pancangan tiang beton dari bangunan warga.

“Semua Warga di dua Kelurahan mendukung serta membantu pelebaran kanal ini. Bahkan warga sendiri yang merobohkan bangunannya yang berada tepat diatas kanal. Kami sangat berterima kasih atas dukungan warga ini sebagai wujud kebersamaan” jelas Rivai.

Sementara, pengakuan Dedi warga Loji yang memiliki rumah ditepi kanal mengakui bahwa program pemerintah untuk pelebaran kanal mendapat dukungan penuh warga sekitar.

“Kami mendukung pelebaran ini, walaupun bangunan rumah kami ada yang dirobohkan, demi keselamatan kita semua juga” kata Dedi.

Wartawan : Sumardin (PDE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here