Memutus Mata rantai Covid, Koramil 1308-10/Salakan dan Polsek Totikum Galakan PPKM Mikro 

0
133

BANGKEP | matarakyatindo.com – Bertempat di Pasar Tradisional, Pelabuhan Speed (Umum), dan di depan Pos Covid-19 Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan, dilaksanakan Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan Melalui Kegiatan Edukasi Dan Sosialisasi PPKM Mikro Tentang Pencegahan Dan Penanganan Pandemi Covid-19, sekaligus Pemberian Masker Kepada Para pedagang dan pembeli serta masyarakat pengguna lalulintas jalan raya, Jumat (18/6/2021).

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Satgas Desa Aman Covid-19 Desa Kalumbatan bersama TNI-Polri melalui Koramil 1308-10/Salakan dan Polsek Totikum Polres Bangkep serta Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan, tersebut dipimpin langsung oleh Camat Totikum Selatan Afriyanto Pamolango, S.STP.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,
Serma Ferry yang merupakan Babinsa/Danpos Totikum dan Totikum Selatan Koramil 1308-10/Salakan, selaku Koordinator PPKM Skala Mikro.

Bripka Harmawansyah (Ps. Kanit Intel Polsek Totikum), Sudio A. Nende, S.Pd (Kades Kalumbatan/Ketua Tim Satgas Desa Aman Covid-19), Satpol PP Kecamatan Totikum Selatan, serta Para anggota Tim Satgas Desa Aman Covid-19 yang sempat hadir.

Kegiatan tersebut Melaksanakan sosialisasi langsung dilapangan tentang upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 serta penegakan disiplin Protokol Kesehatan dengan melalui edukasi 4 M (Mencuci tangan pakai sabun, Memakai Masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan).

Upaya yang dilakukan oleh Tim Satgas Desa Aman Covid-19 Desa Kalumbatan tersebut, dalam rangka upaya memutus mata rantai Pandemi Covid-19 di Desa Kalumbatan dan di wilayah Totikum Selatan.

Memberikan masker kepada masyarakat baik kepada para pedagang atau para pembeli yang berada di Pasar Tradisional, para penumpang yang tiba di Pelabuhan Speed dan kepada masyarakat pengguna jalan yang menggunakan SPM Roda 2 (dua) dan Roda 4 (empat).

Usai dilaksanakan kegiatan Sosialisasi PPKM Mikro, Camat Totikum Selatan Afriyanto Pamolango, S.STP menyampaikan terkait kegiatan Pelaksanaan PPKM Mikro merupakan kegiatan yang wajib dilaksakan desa.

Sebab dalam melakukan edukasi terhadap masyarakat dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 dengan melalui Protokol Kesehatan (Prokes), Desa Kalumbatan merupakan Desa terbesar penduduknya di wilayah Kecamatan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dengan kondisi masyarakat tersebut, tentunya terjadi interaksi yang padat.

“Kegiatan yang dilakukan pemerintah melalui program PPKM Mikro, sudah sangat tepat dengan dilaksanakan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat dengan menghimbau langsung ke tempat fasilitas umum atau tempat keramaian seperti di pasar tradisional, pelabuhan dan jalan poros atau jalan trans sulawesi di Desa Kalumbatan” terangnya.

Selain dilaksanakan sosialisasi PPKM Mikro, Pemerintah Desa Kalumbatan melalui Tim Satgas Desa Aman Covid-19 bersama Pemerintah Kecamatan dan TNI-Polri, juga turun langsung membagi-bagikan masker dan memakaikan masker kepada masyarakat pelanggar Prokes (tidak memakai masker).

“Kami dari Pemerintah Kecamatan mengharapkan agar
kegiatan ini dapat terus menerus di lakukan oleh pemerintah desa Kalumbatan khususnya dan semua desa di Kecamatan Totikum Selatan pada umumnya, sehingga penyebaran virus corona dapat terhindari bagi masyarakat serta upaya pemerintah dalam memutus matarantai Pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here