Menjaga Lingkungan Tetap Bersih, Camat Bahodopi Laksanakan Baksos Kali Kelima

0
397

Morowali – matarakyatindo.com Untuk kali kelima, Pemerintahan Kecamatan Bahodopi melaksanakan giat Bakti Sosial (Baksos) bersih-bersih lingkungan yang melibatkan ribuan warga dari berbagai element, Komunitas maupun Kerukunan yang ada di kecamatan terpadat penduduknya itu, di Kab.Morowali.

Baksos lingkungan kali ini tak secanggung pelaksanaan Baksos sebelumnya, semua berjalan dinamis masing-masing komunitas kerukunan maupun peserta Baksos lainnya langsung bergerak ambil bagian bersihkan sampah di titik-titik yang jumlah volumenya padat, tanpa harus menunggu aba-aba.

Camat Bahodopi Tahir SE.M.Adm.SDA yang memimpin jalannya giat Baksos, tampak sangat semangat 45 bersama peserta Baksos lainnya mengangkat sampah dan memindahkan ke mobil pengangkut sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Bahoruru Kec.Bungku Tengah Kab.Morowali.

Kepada sejumlah media, Tahir menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Baksos kali kelima ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap 21 Februari,  di ikuti seluruh Forkopimca, perwakilan dari masing-masing desa, komunitas maupun berbagai kerukunan serta para pelajar .

Kegiatan ini dilakukan sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri setiap warga agar tidak membuang sampah sembarang tempat, sekaligus edukasi betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

”Pelaksanaan Baksos kali ini sekaligus memperingati HPSN, dengan harapan agar semua warga memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan kita,” Terangnya.

Hal tersebut dinilai penting untuk terus dilakukan, mengingat produksi sampah Kec.Bahodopi saat ini telah mencapai 40 ton/hari, jumlah yang sangat fantastis dan menjadi tanggung jawab bersama.

Olehnya, Kampanye peduli lingkungan akan terus di galakkan, hingga menyasar ke semua warga terutama warung-warung dan indekos. Bahkan, program Baksos setiap minggu akan di aktifkan ditingkat desa, Jelasnya di Bahodopi Minggu (23/2).

Ditambahkan, bahwa Baksos yang dikemas dalam aksi peduli lingkungan ini juga merupakan salah satu upaya agar selalu tercipta silaturahmi dan harmonisasi antar warga yang ada di Kec.Bahodopi, disamping untuk menjaga lingkungan agar terlihat selalu bersih.

Bila masyarakat sudah sadar akan pentingnya sebuah kebersihan lingkungan, tentunya akan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk bencana banjir dan ekosistem laut ikut terjaga.

Apabila sampah-sampah yang begitu banyak kita biarkan mengotori lingkungan kita, yakin dan percaya ada dampak bahaya yang ditimbulkan. Makanya saya mengajak kepada seluruh masyarakat mari kita jaga lingkungan di Bahodopi dan sekitarnya,” pungkasnya.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab.Morowali melalui Kabid Persampahan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas, Muhdar yang diwawancara sejumlah media dilokasi Baksos sangat mendukung Upaya yang dilakukan Camat Bahodopi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Apalagi saat ini Bahodopi merupakan kecamatan terpadat penduduknya, seiring hal itu tentu produksi sampah semakin padat pula. Olehnya, penanganan sejak dini diperlukan agar nantinya persoalan sampah ini tidak jadi masalah di kemudian hari.

Sebagai bentuk dukungan, DLH sendiri akan membuat fasilitas TPS semacam bak kontainer sebanyak 8 unit untuk menampung sampah agar tak dibuang sembarang tempat.

”Kami akan membuat fasilitas TPS semacam bak kontainer, dan hal ini kami sudah koordinasikan dengan Pak Camat Bahodopi untuk disiapkan lokasi tempat bak tersebut,” Terangnya.

Menurut Muhdar, hal ini yang membuat warga membuang sampah sembarang tempat karena tidak tersedianya fasilitas TPS di tempat-tempat keramaian maupun dilokasi perumahan yang padat penduduk.

Olehnya, DLH akan segera mengirimkan 8 unit bak kontainer sambil menunggu program yang lebih efektif yaitu rencana pembangunan TPA di Bahodopi, pungkasnya.

Selain Camat, hadir dalam Baksos tersebut Dandramil bahodopi, sejumlah personil Polsek Bahodopi, Kabid Persampahan Limbah B3 dan peningkatan Kapasitas DLH Morowali, berbagai komunitas maupun kerukunan yang ada di Bahodopi, para pelajar, perwakilan perusahaan diantaranya PT.IMIP, PT.Hang and Fang Brother dengan mengirimkan 2 truk pengangkut sampah serta masyarakat lainnya.

Reporter : TAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here