Menuju Pilkada Tahun 2020, KPU Parimo Membuka ‘Kran’ Lowongan PPK

0
674

PARIMO || matarakyatindo.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Parigi Moutong buka lowongan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 di Sulawesi Tengah.

Saat ini lowongan PPK tengah dirancang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesuai dengan surat edaran dan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Ketua KPUD Parigi Moutong, Abdul Chair
mengatakan, perekrutan PPK untuk Pilkada 2020 sendiri bakal dilaksanakan melalui seleksi terbuka

‚ÄúSiapa saja warga Parigi Moutong yang memenuhi persyaratan akan diberikan kesempatan untuk mendaftarkan diri dan mengikuti rangkaian seleksi yang nanti akan dilaksanakan 15 Januari 2020″ Ujarnya pada sejumlah awak media di ruang kerjanya Rabu (18/12/2020).

Perekrutan seleksi anggota PPK kata Chair dilakukan sesuai surat edaran KPU RI pusat, dimana atas terbitnya peraturan KPU tentang tenaga Ad Hoc Pilkada sebelum tanggal 15 Januari 2020, sudah mulai tahapan seleksi PPK.

“Informasi kepada warga masyarakat yang akan ikut rekrutmen PPK agar bisa mempersiapkan dirinya sebagai penyelenggara pemilu. Namun kami juga masih menunggu surat edaran Peraturan KPU tentang Badan penyelenggara Ad Hoc Pilkada”, terangnya.

Adapun strategi yang akan dilakukan yaitu dengan melakukan identifikasi dan penggodokan melalui sistem CAT dan wawancara.

Khusus untuk PPK, jika terdapat ada 10 orang maka dari hasil sistem seleksi CAT dan wawancara ada 10 maka akan di lakukan passing grade dan direngking 1 s/d 10. Dari 10 orang tersebut 5 orang yang dinyatakan tidak lulus, dan itu menjadi persiapan pengganti antara waktu, tambahnya.

Setelah pemenuhan seleksi terakomodir, maka pihaknya sebagai panitia pemilihan PPK akan meminta tanggapan kepada masyarakat.

“Hanya masyarakat yang paling tahu persis siapa calon PPK ditingkat Kecamatan, apakah dia tergabung dalam parpol atau tersandung kasus pidana. Siapa yang terpilih nantinya akan bisa memahami sistim pemilu” pungkasnya.

Reporter : Deni
Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here