Merubah ‘Stigma’, Komunitas Adat Terpencil di Tinombo Terima Ilmu Berbasis Kompetensi

0
470

PARIMO – matarakyatindo.com – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah ikutkan 68 orang Komunitas Adat Terpencil ( KAT ) Bela Negara dan Bela Diri mengikuti pelatihan berbasis kompetensi.

Para peserta akan dilatih berbagai keterampilan pelatihan Service Sepeda Motor, Kursus menjahit pakaian dengan mesin dan tata rias kecantikan yang dibuka dengan resmi oleh Bupati Parigi Moutong H. Samsurizal Tombolotutu bertempat di gedung serba guna Tinombo, Kamis,3/10/2019.

Bupati Parigi Moutong, H. Samsurizal Tombolotutu dalam sambutannya mengatakan, selesai mengikuti pelatihan, para peserta akan diberi kesempatan untuk mengikuti ujian kompetensi di Dinas Nakertrans Kabupaten Parigi Moutong.

Peserta yang berprestasi kata  dalam Bupati telah lulus ujian kompetensi dan akan disekolahkan atau mengikuti kursus keterampilan di Jakarta.

“Selesai pelatihan, kalian akan diberikan kesempatan mengikuti ujian kompetensi, yang lulus dengan predikat terbaik akan disekolahkan ke Jakarta” Kata Bupati.

Gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar, lalu serap ilmunya agar¬† keterampilan yang dimiliki dibidang otomotif, tata rias dan menjahit bisa menggunakan mesin” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Parigi Moutong, I Wayan Sariana mengatakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi merupakan program untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja yang produktifitas.

Menurutnya, kegiatan pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama 3 minggu. “pelatihan berbasis kompetensi ini akan dilaksanakan selama 2 sampai 3 minggu kedepan” urainya.

Laporan : Dedi (Humas)

Editor : Sumardin || P’de

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here