Miliki Literasi Jendela Dunia Baca, Ini Kelebihan Perpustakaan SMA Negeri 1 Mepanga

0
743

PARIMO – matarakyatindo.com Perpustakaan sekolah adalah bagian dari proses pembelajaran serta minat baca siswa, tentunya menjadi literasi media jendela dunia, hal itu yang membedakan dengan sekolah lain yang sifatnya pribadi untuk siswa sekolah, dengan fasilitas ruang lesehan terletak didalam gedung yang konsepnya didesain minimalis.

Para Siswa -Siswi SMA Negeri 1 Mepanga difasilitasi dengan ruang khusus berukuran 6 X 9 Meter diperuntukkan membaca buku yang difokuskan untuk disiplin, kedepankan kerapian serta tata krama layaknya menghargai orang tua.

Demikian hal yang disampaikan Kepala sekolah Januri S.Pd diwakili oleh kepala pengelola perpustakaan Sultan Sakka, selain kenyamanan ruang membaca kata dia, yang dibangun yakni kedisiplanan dan kerapian tetap terjaga, sehingga siswa tak sembrono masuk kedalam perpustakaan.

“Perpustakaan sekolah menjadi tempat favorit yang efektif dalam meningkatkan minat baca pelajar. Dalam hal ini, peran guru harus proaktif, bukan hanya sekedar mendidik tetapi mendorong para siswa untuk membaca buku guna memanfaatkan media perpustakaan sebagai literasi jendela dunia,” tuturnya.

Dia menambahkan program perpustakaan harus bisa diseragamkan disekolah, harus kontekstual sehingga bisa disesuaikan minat para siswanya untuk terus belajar, dengan upaya menata perpustakaan dengan rapi agar para siswa mudah mendapatkan buku yang diinginkan.

“Misalnya, program perpustakaan ini berkolaborasi dengan guru, contoh siswa kelas IPA belajar mata pelajaran IPS sebaliknya demikian, kurikulum itu telah kami terapkan, jadi tidak menuntut kemungkinan para siswa dari IPS bisa belajar kimia dan fisika, demikian pula siswa IPA belajar geografi dan ekonomi,” ungkapnya.

Diakuinya sebagai pengelola perpustakaan, pihaknya berharap perpustakaan sekolah ini bisa memiliki konseptual cukup lemari buku, sebab masih banyak kebutuhan buku selain mata pelajaran tetapi literasi pengetahuan lainnya, olehnya sudah memikirkan hal itu, untuk mengasah literasi para siswanya.

Reporter : Deni

Editor : BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here