Mustar Hadiri Musrenbang di Balantak Utara

0
72

LUWUK | matarakyatindo.com – Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo Menghadiri Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Kabupaten Banggai Tahun 2021 Kecamatan Balantak Utara dengan Tema “Pembangunan Manusia Berkualitas dan Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Optimalisasi Sektor Unggulan”.

Kegiatan ini di Laksanakan di Lapangan Desa Teku Kecamatan Balantak Utara Selasa (18/2).turut hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan seluruh Anggota Legislatif, Asisten 3, Para Pimpinan OPD dan Bidang Tekhnis, Camat Bualemo, Danramil dan Kapolsek Balantak, Para Pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda.

Pada Kesempatan Itu Kepala Bappeda Litbang di Wakili Sekban BappedaLitbang Subhan Lanusi Menyampaikan Arahan Tentang perencanaan pembangunan daerah yang di atur dalam Peraturan Menteri dalam Negeri No. 54 Tahun 2010 yang sebagaimana telah di ubah dengan Peraturan Menteri No 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Dalam permendagri ini juga disebutkan bahwa Musrenbang RKPD di kecamatan di laksanakan oleh camat setelah berkoordinasi dengan Kepala BappedaLitbang, dalam hal ini BappedaLitbang bertindak selaku fasilitator sekaligus narasumber, sedangkan anggota DPR dan perangkat daerah akan menjadi narasumber.

Untuk itu, berkaitan dengan pelaksanaan musrenbang saat ini beberapa hal sebagai arahan teknis dapat di sampaikan Bahwa musrenbang RKPD di kecamatan di laksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Daerah RKPD Kabupaten Tahun 2021 yang merupakan bagian atau pelaksanaan tahun ke-5 Dari RPJMD Kabupaten 2016-2021 dengan Tema:   pembangunan manusia yang berkualitas dan peningkatan daya saing daerah melalui optimalisasi sektor unggulan.

Terpisah, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Mustar Labolo menyampaikan bahwa  Spirit Lembaga DPRD dengan Pemerintah Sparing Partner adalah rapat dengar pendapat atau Sharing bersama demi untuk kepentingan masyarakat Banggai khususnya masyarakat Kecamatan Balantak Utara untuk menyatukan persepsi dan pendapat tentang program program unggulan dan prioritas.

Ada 5 Program Prioritas Utama kita dalam Perencanaan Pembangunan pada tahun 2021 yakni Pembangunan Manusia berkualitas dan berbudaya serta pengentasan kemiskinan, Pembangunan Infrastruktur wilayah dan Pelayanan dasar untuk mengurangi kesenjangan, Peningkatan Daya saing Daerah melalui Optimalisasi sektor unggulan,
Penataan Ruang, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, dan Peningkatan tata kelola pemerintahan, yang inovatif, bersih dan melayani.

“Saya berpesan untuk selalu melaksanakan Program pemerintah Tentang Gerakan Moral (PINASA) “Pia Na Sampah Ala” untuk selalu menjaga kebersihan di manapun kita berada baik dalam melaksanakan tugas atau di manapun kita berada,”Harap Mustar.

Reporter : Ramli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here