Musyawarah UPK Kabupaten Akan Memperkuat Sistim Administrasi Kegiatan PNPM

0
116

PARIMO | matarakyatindo.com – Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Musyawarah khusus pada Kamis,(13/2/2020) di cafe Hendra desa Kotaraya, Kecamatan Mepanga. Acara tersebut dihadiri Camat Sodik Hamza, selaku Pembina UPK Kecamatan Mepanga.

Ketua asosiasi UPK Kabupaten melalui Sekertaris asosiasi UPK Muhammad Syarifudin menjelaskan, secara umum kelembagaan UPK mempunyai tugas dan tanggung jawab, diantaranya bertangung jawab terhadap seluruh pengelolaan dana PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan, maupun terhadap pengelolaan administrasi dan pelaporan seluruh transaksi kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan.

“Petugas bertanggung jawab terhadap pengelolaan dana bergulir sekaligus melakukan evaluasi dan pemeriksaan langsung Rencana Penggunaan Dana (RPD) dan Laporan Penggunaan Dana (LPD) yang dibuat oleh desa/kelurahan dalam setiap tahapan proses PNPM Mandiri Perdesaan dan sesuai dengan ketentuan serta regulasi yang berlaku” urainya.

Bahkan saat ini yang masih aktif UPK Kecamatan lanjut dia, tersisa 12 UPK yang aktif dan berbadan hukum. Sedangkan yang lainnya kami tidak tau apa masih ada atau mati suri, kata Syarifudin saat pelaksanaan musyawarah UPK Kabupaten.

Dia meminta kepada petugas kelembagaan ini untuk peran aktif pemerintah Kecamatan dan aparat desa, dan memahami UU desa.

“Ada beberapa poin yang harus disikapi oleh para Kepala desa bahwa ada beberapa anggota kelompok SPP di desa-desa, banyak anggota kelompok SPP yang terlalu memaksakan dengan kondisi keuangan mereka” ujarnya.

Sebagai contoh lanjut Syarifudin, apakah mau pinjaman besar tetapi kurang mampu dalam membayar cicilan setiap bulannya. Dan intinya dirinya tidak memperhitungkan atau menyesuaikan terhadap kemampuan pribadi anggota itu sendiri, pungkasnya.

Reporter : Deni Renaldi / Editor : Pde

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here