Ombusdman, KPU, Bawaslu & MD KAHMI Bahas Pilkada 2020 di Ampana

0
58

TOUNA | matarakyatindo.com – Bertempat di Warkop Harapan, Kabupaten Touna, Ampana, Kepala Perwakilan Ombudsman RI perwakilan Sulteng H.Sofyan Lembah menyebutkan guna mendorong partisipasi masyarakat di pesta demokrasi Pilkada 2020 bukan hanya melalui sosialisasi, tetapi melibatkan pendidikan politik baik rekrutmen penyelenggara hingga tingkat KPPS.

Dalam dialog publiknya, Jum’at (24/01/2020) malam, Sofyan menambahkan, dalam pembentukan sarana pengawasan berupa poskoatau unit pengaduan masyarakat haruslah melibatkan seluruh pihak, guna mengoptimalkan penyelenggaraan pesta demokrasi yang berkualitas.

Pada kesempatan itu, selaku pembicara Ketua KPU Provinsi Tanwir Lamaming juga mengungkapkan terbuka peluang bagi para kader HMI untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan perhelatan demokrasi tersebut.

“Pelibatan ini bisa dikatakan juga sebagai bentuk perkaderan bagi yang kader untuk meniti karier lewat pengalaman dari tingkat kpps hingga ke depan duduk sbg komisioner KPU baik di daerah maupun di Pusat,” tutur Tanwir.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Irfan juga sependapat, bahwa pentingnya pengawasan yang melibatkan para kader-kader organisasi kepemudaan (OKP).

“Bawaslu bahkan KPU tak mungkin sanggup menjalankan tugas dan wewenangnya bila tidak ada partisipasi masyarakat,” beber Irfan.

Diakhir diskusi Sofyan Lembah berharap, di moment sebuah pesta demokrasi dimana semua pihak harus terlibat. Profesional publik, netralitas ASN sangat penting utamanya bukan hanya menghindari praktek maladministrasi tetapi dimungkinkannnya lahir pemimpin berkualitas bukan penguasa.

Humas Ombusdman Sulteng

Diteruskan BIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here